Beritahati.com, Jakarta - Amerika Serikat (AS) tetap berkeras dan sudah meresmikan pembukaan Kedutaan Besar (Kedubes) di Yerusalem, yang secara langsung mengakui Kota Bersejarah bagi 3 (tiga) agama besar di dunia tersebut sebagai Ibu Kota Israel.


Menyikapi kenyataan ini, Ketua DPR RI, Bambang Soesatyo meminta Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) RI segera memanggil Duta Besar (Dubes) AS untuk menyampaikan nota protes.


Politisi Golkar yang karib disapa Bamsoet ini juga meminta Pemerintah Indonesia mendesak PBB agar melakukan penyelidikan atas tewasnya puluhan demonstran Palestina belakangan ini.


“Kita adalah negara muslim terbesar. Kita harus ambil peran lebih besar untuk memperjuangkan kemerdekaan Palestina. Apalagi, konstitusi negara kita secara tegas menentang setiap bentuk penjajahan di muka bumi," ujar Bamsoet di Jakarta, Kamis (17/5/2018).


DPR RI melalui BKSAP (Badan Kerja Sama Antar Parlemen) selalu konsisten menyuarakan kepentingan Palestina di berbagai forum parlemen dunia. Seperti IPU (forum parlemen dunia), PUIC (forum parlemen negara-negara OKI) serta AIPA (forum parlemen ASEAN).


“Kita konsisten mendukung perjuangan Palestina dan mengutuk tindakan brutal Israel. Bahkan di PUIC kita telah menyampaikan kritik bahwa perpecahan negara-negara Arab sebagai faktor memburuknya situasi di Palestina,” pungkas Bamsoet.