Beritahati.com, Jakarta - Pernikahan Meghan Markle dengan Pangeran Harry pada 19 Mei 2018 lalu menyedot perhatian seluruh dunia. Penampilan natural Meghan tanpa makeup tebal juga membuat warganet penasaran. Tak cuma itu, mahkota yang dipakai oleh wanita bergelar Duchess of Sussex ini turut mencuri perhatian.


Mahkota yang dipakai Meghan itu berasal langsung dari lemari perhiasan sang ratu Inggris, The Queen Mary Diamond Bandeau. Pita pengikat mahkota tersebut dibuat di Inggris pada 1932. Sedangkan bros tengahnya dibuat pada 1893.


Tak sembarangan, mahkota tersebut mempunyai nilai sejarah yang besar. Bross tengahnya sendiri sebenarnya adalah hadiah bagi Putri Mary pada 1983 setelah menikah dengan Pangeran George.


Dalam sejarahnya, mahkota yang dipakai oleh para putri kerajaan ini selalu mempunyai nilai-nilai unik dan mengherankan.


Berikut lima fakta mahkota yang dipakai oleh para putri kerajaan Inggris :


1. Usianya sudah ratusan tahun.


Setiap mahkota yang dipakai oleh putri kerajaan Inggris mempunyai sejarah panjang. Misalnya, yang dipakai oleh Kate Middleton diambil dari koleksi personal Queen Elizabeth II. Mahkota itu diberi oleh King George VI pada 1936. Putri Diana yang menikah dengan Pangeran Charles juga menggunakan mahkota yang bagian tengahnya dibuat pada 1919.


2. Jadi simbol kerajaan.


Mahkota ini juga sering dipakai para raja dan ratu Inggris dalam acara resmi kerajaan. Hal ini terlihat pada mahkota yang dipakai oleh King George pada 1821 juga dipakai oleh Queen Elizabeth II pada harinya naik tahta.


3. Terdiri dari ribuan permata.


Dilansir brilio.net dari Marieclaire, mahkota yang dipakai Queen Elizabeth II pada harinya naik tahta terdiri dari 1.333 permata dan menghabiskan dana sebesar Rp 153 juta atau 8.216 poundsterling. Eits, tapi angka ini cukup fantastis mengingat mahkota ini dibuat pada era 1800-an.


4. Mahkota yang dipakai Putri Diana mempunyai makna spesial.


Saat pernikahannya, Putri Diana mendapat tawaran Queen Elizabeth II untuk memakai Mahkota Queen Mary's Lover's Knot. Tapi Putri Diana tetap memakai Mahkota Spencer yang mempunyai nilai historis pada keluarganya. Tiara ini sendiri belum pernah dipakai untuk acara publik sejak Putri Diana meninggal pada 1997.


5. Mahkota Spencer jadi bagian dari cincin pertunangan pangeran Harry dan Meghan.


Desain tiga permata yang ada di cincin pertunangan tersebut memakai dua permata dari Mahkota Spencer yang dipakai oleh sang ibunda Pangeran Harry, Putri Diana. Sedangkan satu permata lainnya berasal dari Botswana. Negara tersebut mempunyai nilai tersendiri bagi Pangeran Harry. Dia bahkan pernah mengajak Meghan mengunjungi negara di Afrika tersebut.