Beritahati.com, Yogyakarta - Menanggapi kekalahan Timnas U-19 dalam laga uji coba kedua dari PSS Sleman 2-0 di stadion Maguwoharjo pada Sabtu, 2 Juni 2018, Pelatih Kepala Timnas U-19 Indra Sjafri mengatakan, laga uji coba melawan PSS Sleman bukan untuk mencari menang atau kalah, akan tetapi untuk mencari siapa saja pemain yang nantinya layak bergabung ke dalam Tim Nasional U-19.


"Juga melalui TC tahap pertama, saya ingin memastikan bahwa tim ini punya kualitas yang pantas diberi kesempatan," ujarnya saat dikonfirmasi, Minggu (3/6/2018).


Mantan pelatih Bali United ini menilai penampilan timnya dalam uji coba kemarin justru lebih baik dibansing saat dihajar telak 3-0 oleh Persis Solo. Meskipun demikian, tidak semua anggota tim bisa dipertahankan sampai akhir.


"TC di Yogya adalah untuk konsolidasi tim dan menentukan nama-nama yang direkrut," tegas Indra.


Sebelumnya, Timnas U-19 kembali mengalami kekalahan saat uji coba melawan PSS Sleman dengan skor 2-0 pada laga yang berlangsung di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Yogyakarta, Sabtu, 2 Juni 2018 malam.


Gol kemenangan Super Elja diciptakan oleh Slamet pada menit ke-40 dan Ikhsan Pratama pada menit ke-61. Kekalahan anak asuh Indra Sjafri melengkapi kekalahan 3-0 saat uji coba pertama dengan Persis Solo.


Laga pada awal babak pertama, pertandingan berjalan lambat dan cenderung statis. Sejumlah peluang didapatkan kedua tim, namun tidak bisa dimanfaatkan dengan baik.


Timnas U-19 memperoleh peluang mencetak gol lewat tendangan Aby Syahrian yang mendapat umpan dari Feby Eka Putra pada menit pertama. Egi Maulana juga sempat punya kesempatan mendapatkan angka pada menit ke-31, sayangnya, semua peluang terbuang sia-sia.


PSS memiliki beberapa peluang mencetak gol dari Slamet Budiono, yakni pada menit ke-3, 7, 19, dan 23. Namun baru pada menit ke-40, Slamet berhasil mencetak gol setelah memanfaatkan umpan Ikhsan Pratama.


Hingga babak pertama berakhir, kedudukan masih 1-0 untuk keunggulan PSS Sleman.


Memasuki babak kedua, anak asuh Seto Nurdiantoro menambah angka lewat tendangan Ikhsan Pratama yang menerima umpan dari Lastori pada menit ke-61.


Pemain Timnas U-19, Gunansar Mandowen memiliki peluang membalas serangan pada menit ke-79. Namun sayangnya, penyelesaian akhir kembali jadi permasalahan Garuda Muda, karena bola yang digiring Mandowen kemudian coba diceploskan ke gawang justru meleset ke kiri gawang PSS Sleman.