Beritahati.com, Jakarta - Ketua DPR RI, Bambang Soesatyo mengungkapkan, pihaknya terus memberikan dukungan terhadap pengembangan UMKM, baik melalui penyediaan anggaran Kredit Usaha Rakyat (KUR), bantuan dana bergulir, peningkatan akses pemasaran, maupun dengan program-program pelatihan.


Namun para pelaku usaha diminta juga harus kreatif mengembangkan usaha masing-masing, terutama dalam pemasaran di era Revolusi Industri 4.0, dimana internet memiliki peran besar dalam kehidupan masyarakat.



“Selain melakukan pemasaran secara konvensional, UMKM juga harus memasarkan produknya secara online. Jika ini dilakukan, saya yakin hasilnya akan dahsyat. Peluang untuk bekerja sama dengan berbagai marketplace seperti tokopedia, bukalapak, blibli, shopee dan lainnya sangat terbuka," ujar Politisi Partai Golkar yang karib disapa bamsoet ini, seusai membuka Pasar Murah dan Bazar di Gedung Nusantara V DPR RI, Jakarta, Senin (4/6/2018).



Dalam acara tersebut, Bamsoet secara simbolik juga memberikan paket sembako untuk dua puluh orang lebih pekerja di lingkungan DPR RI dan sekitarnya, antara lain office boy, cleaning service, petugas keamanan, sampai kalangan wartawan.


“Terselenggaranya kegiatan pasar murah dan bazar dari tanggal 4-6 Juni 2018 akan membuat gedung rakyat semakin diramaikan dengan aktivitas ekonomi antara para pedagang dengan para pengunjung yang ingin berbelanja memenuhi kebutuhan pokoknya. Dari mulai sembako rumah tangga, pakaian kerja, batik, aneka kue, sampai kebutuhan alat rumah tangga lainnya,” pungkas Bamsoet.