Beritahati.com, Jakarta - Sebagian besar orang telah mengetahui bahwa makan tepat sebelum tidur merupakan salah satu penyebab terjadinya peningkatan berat badan dan kualitas tidur yang buruk. Akan tetapi, tahukah Anda bahwa makan sebelum tidur ternyata juga dapat mengganggu kesehatan Anda, terutama jaringan tenggorokan dan kerongkongan Anda?


Banyak orang telah mengetahui gangguan kesehatan yang sering disebut dengan GERD atau refluks asam lambung, yang menyebabkan asam lambung naik ke kerongkongan atau tenggorokan yang menimbulkan rasa seperti terbakar di daerah dada.


Akan tetapi tahukah Anda bahwa ternyata ada gangguan kesehatan lain yang berhubungan dengan naiknya asam lambung ke kerongkongan, yang biasa disebut dengan refluks tersembunyi.


Pada gangguan ini, penderita tidak mengalami gejala seperti terbakar di daerah dada saat asam lambung naik kembali ke atas. Penderita justru mengalami nyeri tenggorokan, batuk kronik, dan bahkan kesulitan menelan. Banyak penderita tidak menyadari bahwa mereka mengalami gangguan ini.


Salah satu faktor resiko terjadinya 2 gangguan kesehatan di atas adalah makan terlalu berdekatan dengan waktu tidur. Para ahli menganjurkan akan lebih baik bila seseorang mengkonsumsi makan malamnya (termasuk mengemil) setidaknya 3 jam sebelum waktu tidur. Di bawah ini terdapat beberapa jenis makanan dan minuman yang sebaiknya Anda hindari di malam hari.


Minuman Beralkohol
Minuman beralkohol dapat membuat katup yang terdapat di antara lambung dan esofagus (kerongkongan) menjadi rileks sehingga mudah terbuka dan membuat asam lambung lebih mudah naik ke kerongkongan dan tenggorokan Anda.


Minuman Bersoda
Minuman bersoda merupakan salah satu hal terasam yang dapat merusak katup antara lambung dan kerongkongan Anda. Selain itu, minuman bersoda juga dapat meningkatkan tekanan di dalam lambung.


Coklat
Beberapa jenis coklat mengandung banyak lemak yang dapat membuat katup di antara lambung dan kerongkongan Anda menjadi lebih rileks. Selain itu, coklat juga mengandung kafein dan teobromin yang dapat memperburuk keadaan Anda.


Keju
Keju juga merupakan makanan berlemak yang sebaiknya Anda hindari, terutama keju jenis feta dan mozzarella.


Kacang
Baik lemak jenuh maupun lemak tidak jenuh tetaplah merupakan lemak sehingga keduanya pun dapat meningkatkan resiko terjadinya refluks asam lambung. Oleh karena itu, akan lebih baik bila Anda menghindari konsumsi berbagai jenis kacang, terutama kacang mede, kacang walnut, kacang macadamia, dan kacang tanah.


Buah Golongan Sitrus
Buah golongan sitrus seperti jeruk merupakan buah yang mengandung banyak asam yang dapat memperburuk refluks asam lambung yang Anda alami.


Kopi
Selain bersifat asam, kafein yang terdapat di dalam kopi juga dapat meningkatkan jumlah asam lambung. Oleh karena itu, jika Anda memang harus mengkonsumsi kopi di malam hari, pilihlah kopi yang tidak mengandung kafein (dekaf) yang memiliki kandungan asam yang lebih rendah.


Sumber: womenshealthmag