Beritahati.com, Jakarta - Pada H- 7 arus mudik Lebaran 2018, suasana di terminal terpadu Pulo Gebang Jakarta Timur sudah mulai tampak ramai dengan calon pemudik yang akan menggunakan bus.


Dari pantauan beritahati.com, semua bus yang disediakan melayani jurusan untuk daerah Jawa Tengah, seperti Tegal, Slawi, Bumi Ayu, Pemalang, Pekalongan, Semarang, Yogyakarta, dan sejumlah daerah di wilayah Jawa Timur.


Selain itu ada juga untuk jurusan Sumatera, yang nantinya melewati Terminal Penyeberangan ASDP Merak.


Sementara untuk harga tiket juga bervariasi, sesuai apa yang ditetapkan masing-masing perusahaan transportasi. Contohnya, pihak Bus Haryanto, mematok harga tiket Rp450 ribu per orang untuk Bus Kelas Executive kursi 2-2.


Salah seorang calon penumpang yang akan mudik ke daerah Jawa Tengah, Yanto, mengungkapkan, dirinya beserta keluarga hendak mudik ke Yogyakarta.



Yanto merasa cukup nyaman dengan harga bus kelas executive yang dipatok PO Haryanto, dan ia pun merasa nyaman menunggu bus di Terminal Terpadu pulo Gebang.


"Jaraknya sih jauh dari rumah saya, tapi bus di sini bagus-bagus dan nyaman fasilitasnya. Tempat tunggu di terminal ini juga cukup nyaman," ujar Yanto kepada Beritahati, Jumat (8/6/2018).


Dengan adanya Terminal Terpadu Pulo Gebang, lebih memudahkan masyarakat untuk menggunakan moda transportasi bus antar provinsi untuk mudik lebaran. Dan walaupun lokasinya cukup jauh dari jangkauan masyarakat Jakarta, akan tetapi saat sudah ada di ruang tunggu terminal, para calon penumpang tampak menikmati suasana yang nyaman.


Kepala UPT Terminal Terpadu Pulo Gebang, Ismanto, mengatakan, untuk memuaskan rasa nyaman cvalon penumpang, pihaknya memang memperbaiki beberapa fasilitas layanan publik di dalam terminal, contohnya mengadakan perpustakaan gratis, ruang ibu menyusui, musala, toilet yang bersih serta untuk keamanan ditempatkan kamera CCTV di setiap sudut ruangan.


"Semuanya untuk lebih memuaskan dan membuat nyaman calon penumpang agar tidak jenuh menunggu keberangkatan," ujar Ismanto. yang didampingi Tim Dokter Terminal dan petugas keamanan.