Beritahati.com, Jakarta - Menemukan kebahagiaan sebenarnya adalah bagaimana cara agar mampu melewati setiap masalah yang ada dalam kehidupan. Namun ada beberapa cara rutinitas harian yang dapat membuat Anda mampu menemukan kehidupan yang utuh dan sehat.


1. Tidur lebih awal sehingga bisa bangun tanpa alarm
Bagi kebanyakan orang, mendapatkan istirahat yang cukup saat malam hari akan membantunya untuk bangun sendiri pada keesokan harinya secara alami. Ketergantungan pada alarm adalah tanda-tanda bahwa Anda tidak tidur cukup awal. Untuk mengoptimalkan pemulihan tubuh Anda selama proses tidur, Anda harus memberikan tubuh Anda cukup waktu untuk beristirahat. Para ahli mengatakan bila tidur lima belas menit lebih cepat akan membuat Anda merasa lebih baik saat bangun dan merasa lebih segar. Setiap orang membutuhkan jumlah waktu tidur yang berbeda untuk membuat sistem organ dalam tubuh dapat bekerja dengan baik. Jadi ikuti kebutuhan waktu tidur Anda sendiri jangan mengikuti waktu tidur yang dibutuhkan oleh orang lain.


2. Sarapan pagi dengan gizi yang seimbang
Mungkin Anda tidak percaya bila diberitahu bahwa sarapan adalah saat makan yang paling penting, namun hal ini benar adanya. Makan makanan bergizi di pagi hari membantu memberikan kekuatan untuk bertahan seharian, membantu meningkatkan konsentrasi dan bahkan membantu mengontrol berat badan. Kebanyakan orang melewatkan sarapan untuk membantu mengurangi masuknya kalori dalam tubuh terlalu banyak. Namun dalam sebuah penelitian terus menunjukkan bahwa mereka yang rutin sarapan cenderung mengalami penurunan berat badan. Dengan sarapan Anda tidak akan merasa sangat lapar, sehingga terhindar dari kebiasaan mengemill di waktu menjelang makan siang dan tidak makan berlebihan pada saat makan siang. Namun yang perlu diingat adalah makanan yang dimakan saat sarapan adalah hal yang penting. Sarapan dengan nutrisi yang tepat dapat membuat tubuh mendapatkan energi yang cukup. seperti sarapan dengan oatmeal, smoothie buah-buahan, telur dadar dan beberapa menu sehat lainnya.


3. Terus bergerak
Salah satu cara paling tepat untuk mendapatkan kehidupan yang sehat adalah dengan melakukan olahraga yang teratur. Namun seringkali jadwal kerja yang padat menjadi alasan untuk bolos berolahraga. Anda tidak perlu pergi ke pusat kebugaran setiap hari apabila Anda memang tidak memiliki waktu. Namun Anda tetap bisa bergerak seperti menggunakan tangga kantor, memarkir kendaraan Anda cukup jauh yang memaksa Anda untuk berjalan, menyiapkan barbel atau botol minuman yang masih berisi air dan mengangkatnya setiap Anda lenggang. Setiap 2 jam sekali istirahatlah selama 5-10 menit berjalan-jalan sedikit dan mendapatkan udara segar. Kosongkan pikiran Anda saat Anda menggerakan kaki Anda.


4. Kerja dan bersenang-senang yang seimbang
Untuk mendapatkan kehidupan yang sehat membutuhkan keseimbangan yang sehat antara bekerja dan bersenang-senang.
Anda memang harus bekerja namun pikiran dan tubuh Anda juga perlu bersantai untuk mengurangi stres yang Anda alami. Masalah mental dan emosional dapat mengganggu tubuh Anda dapat berfungsi dengan baik.
Saat stres melanda, Anda mungkin dapat bangkit kembali dengan meluangkan waktu bersama pasangan dan teman-teman terdekat Anda. Selain itu Anda juga bisa menyalurkan hobi Anda.


5. Tingkatkan kualitas keimanan dan selalu berbuat kebaikan
Terlepas dari apapun keyakinan Anda. Meningkatkan kualitas beribadah Anda dan selalu berbuat kebaikan seperti aktif dalam kegiatan sosial. Hal ini akan membantu Anda tetap aktif, termotivasi dan energik.
Apabila Anda ingin memiliki kehidupan yang sehat maka dapatkan lah kehidupan yang sehat luar dan dalam. Biarkan inner beauty Anda terpancar.


Ikutilah cara diatas untuk mendapatkan kehidupan yang sehat dan jangan lupa untuk melakukan pengecekan kesehatan yang rutin untuk mencegah terjadinya berbagai macam penyakit.


Sumber: healthdigest