Beritahati.com, Jakarta - Bagi pengemudi, pegal saat menyetir merupakan keluhan yang kerap terjadi dan sangat sulit dihindari. Keluhan ini biasanya terjadi di punggung, leher, dan tungkai.


Pegal paling sering timbul akibat berada di posisi yang sama dalam waktu lama. Hal ini sering dirasakan oleh mereka yang menghabiskan sebagian besar waktunya untuk duduk.


Nah, agar tidak terserang pegal saat menyetir, berikut cara yang perlu dilakukan:


1. Hindari posisi yang tidak nyaman


Saat masuk ke dalam mobil, pastikan bahwa duduk dengan posisi yang nyaman (ergonomis). Ini karena ketidaknyamanan sejak awal perjalanan dapat menimbulkan nyeri yang mengganggu.


Hindari menaruh benda-benda di kantung belakang celana. Pastikan jarak antara tempat duduk dan setir sesuai dengan tingkat kenyamanan. Sudut untuk sandaran kursi yang nyaman bagi punggung berada di kisaran 100°.


2. Jadwalkan waktu istirahat


Duduk dengan posisi yang sama selama menyetir dapat membuat otot punggung menjadi kaku. Ini juga turut meningkatkan kemungkinan timbulnya nyeri atau spasme otot.


Oleh karena itu, jadwalkan waktu istirahat sejenak selama perjalanan. Tindakan ini paling ideal dilakukan setiap jam, dimana dapat turun sejenak dari kendaraan untuk berjalan dan meregangkan otot.


Dengan demikian, sirkulasi darah akan terstimulasi, sehingga bagian tubuh yang sebelumnya tidak bergerak mendapatkan asupan nutrisi dan oksigen.


3. Pastikan kepala dan punggung bawah dalam posisi nyaman


Sesuaikan posisi headrest, sehingga menyentuh bagian tengah kepala . Bila merasa kurang nyaman saat duduk, gunakan bantalan kecil di bagian bawah dari sandaran tempat duduk Anda sebagai support tulang belakang.


Pastikan juga jarak antara tempat duduk dan setir sesuai, agar Anda tidak harus bersandar ke depan.


Dengan menerapkan hal di atas, diharapkan keluhan pegal saat menyetir tidak akan menyerang. Alhasil, bepergian bersama keluarga menjadi lebih nyaman dan menyenangkan.