Beritahati.com, Jakarta - Kepala Stasiun Pasar Senen, Rokhmad Makin Zainul menyatakan, pada H-3 Idul Fitri 1439 Hijriah, sebanyak 25.295 pemudik berangkat ke berbagai daerah di Pulau Jawa melalui Stasiun Pasar Senen.


"Keberangkatan hari ini terpantau di area kami itu penumpang sampai dengan 25.295 orang," ujar Zainul, Selasa (12/6/2018).


Lonjokan jumlah penumpang kereta api di Stasiun Pasar Senen sudah terjadi sejak 8 Juni lalu atau H-7 Lebaran. Namun, puncaknya diperkirakan terjadi hari ini hingga besok.


"Sampai dengan 13 (Juni) itu sudah di puncak. Angka 25 ribu (penumpang) sudah maksimum," tuturnya.


Saat ini sejunlah pemudik memadati ruang tunggu Stasiun Pasar Senen. Banyak juga yang memenuhi pelataran luar stasiun, menunggu diizinkan masuk ke ruang tunggu. Mereka rata-rata membawa barang bawaan.


Zainul memperkirakan jumlah pemudik yang akan berangkat lewat Stasiun Pasar Senen besok sama banyaknya dengan hari ini. “Besok sama dengan hari ini di 25 ribu (orang).”


Menurutnya jumlah pemudik via Stasiun Senen tahun ini masih kalah dibanding tahun lalu. Tapi, Zainul tak merincikan jumlah perbandingannya. “Lebih tinggi tahun kemaren," terangnya.