Beritahati.com, Jakarta - Mudik sudah menjadi tradisi yang dilakukan oleh masyarakat Indonesia khususnya saat Lebaran. Tak hanya masyarakat biasa, para pejabat negara juga melakukan mudik lho. Salah satunya adalah Menteri Pariwisata, Arief Yahya yang juga pulang ke kampung halamannya di Banyuwangi.


Arief mengatakan, moment Lebaran merupakan waktu yang tepat untuk berkumpul dengan keluarga. Banyak hal yang bisa dilakukan ketika berkumpul bersama keluarga, salah satunya adalah bernostalgia mengingat masa kecil.


"Mudik sudah menjadi ritual buat saya. Bercengkerama dengan keluarga," katanya saat ditemui media baru-baru ini.


Ia mengatakan ada beberapa ritual yang selalu dilakukan saat mudik Lebaran. Berikut empat ritual ala Arief Yahya yang kerap ia lakukan saat pulang ke kampung halaman.


1. Mengunjungi makam keluarga.


Arief mengatakan ritual yang paling berkesan saat pulang kampung adalah mengunjungi makam keluarga. Uniknya selama berada di kampung halaman, setiap hari pula ia berkunjung ke makam.


2. Berbagi amplopan.


Besar di kota kecil, keriuhan Lebaran masih sangat terasa setiap tahunnya. Saat Lebaran, biasanya Arief selalu membagikan THR kepada anak-anak kecil di sekitaran rumahnya.


"Biasanya anak-anak kecil pakai baju baru sudah berbaris dan berharap dapet THR. Jadi kita senang kasih uang, saya juga ngebayangin kalau jadi mereka. Saya nggak berhenti (beri uang THR) kalau ada anak kecil. Bahkan kalau ada anak kecil yang nakal biasanya dia sudah dapet amplop, pulang ganti baju dan ikut antri lagi. Lucu sih," tuturnya.


3. Santap makanan khas keluarga.


Setiap keluarga selalu memiliki makanan khas saat Lebaran. Di keluarga Arief, ia mengaku selalu tersedia opor ayam.


"Makanan khas keluarga kami masak opor ayam, tradisi itu yang kami pegang," ucapnya.


4. Berkunjung ke destinasi wisata.


Sudah menjadi rahasia umum kalau Banyuwangi menyimpan keindahan alam yang luar biasa. Mulai dari destinasi pegunungan hingga bawah laut. Biasanya selepas bercengkrama, keluarga Arief Yahya mengunjungi destinasi wisata seperti Kawah Ijen.


"Anak-anak paling sering buat foto di Baluran, tempatnya mirip savana di Afrika. Nggak nyangka itu ada di Banyuwangi," pungkasnya.