Beritahati.com, Jakarta - Idul Fitri atau Lebaran menjadi momen merayakan kemenangan setelah sebulan penuh menahan lapar, haus, dan hawa nafsu. Saat Lebaran, berbagai hidangan dimasak sebagai ucapan syukur. Tak heran banyak dapur yang mengepul saat Lebaran.


Hidangan Lebaran di setiap daerah berbeda-beda. Di Indonesia umumnya hidangan saat Lebaran ialah ketupat sayur, rendang, opor, sambal kentang dan makanan lainnya. Makanan tersebut seolah wajib dicicipi selain berbagai kue kering di meja tamu.


Di negara lain, ada juga hidangan khas saat Lebaran. Jika di Indonesia suka makanan pedas dan bersantan, hidangan Lebaran negara lain beda lagi. Ada yang mewajibkan hadirnya kue tertentu hingga makanan kari super lezat.


Berikut brilio.net merangkum hidangan Lebaran dari berbagai dunia:


1. Maamoul.


Kue ini kerap disantap saat Lebaran di Syria dan Lebanon. Kue kecil ini berisi kacang pistasi dan kenari. Di bagian luarnya ada serbuk gula yang menggiurkan.


2. Cambaabur.


Cambaabur ialah makanan khas Lebaran dari Somalia. Sekilas kue ini mirip leker. Orang Somalia biasanya memakannya dengan topping yoghurt atau gula.


3. Sheer khurma.


Sheer khurma ialah makanan Lebaran khas Bangladesh, India, dan Pakistan. Makanan ini terbuat dari bihun yang dicampur kuah susu dan isian lain. Hemm lezat banget tuh.


4. Tajine.


Makanan ini menjadi favorit masyarakat Afrika Selatan. Tajine ialah sup rebus dimasak dengan beberapa jenis daging dan sayuran. Pasti lezat banget.


5. Doro wat.


Orang Ethiopia merayakan Lebaran dengan membuat kari yang dinamai doro wat. Sup ini terbuat dari daging ayam dan disantap dengan roti.


6. Lokum.


Orang Turki suka makan camilan manis saat Lebaran. Lokum, jeli dengan taburan gula ini menjadi hidangan yang paling dinanti.


7. Tufahija.


Orang Bosnia merayakan kemenangan dengan menyantap Tufahija. Makanan ini terbuat dari apel rebus berlumur gula yang ditumbuk dan diisi kenari.


Sumber : thetempest.co