Beritahati.com, Jakarta - Babak kedua pertandingan penyisihan Grup G, Piala Dunia 2018, antara Inggris versus Panama dimulai, dan Three Lions, dengan bekal keunggulan 5-0 sejak babak pertama, seolah tak peduli dengan derita lawannya yang dipermalukan.


Tim Union Jack kembali menyusun serangan demi serangan untuk membongkar lagi pertahanan Panama yang kelihatan mulai diperketat sejak peluit awal babak kedua dimulai.


Usaha para pemain Inggris berbuah manis pada menit ke-62, gelandang Loftus-Cheek melepaskan tendangan keras, dan bola membentur kaki striker Harry Kane, kemudian meluncur deras ke gawang Panama. Skor 6-0 untuk Inggris !


Melihat kedudukan sudah enam gol tanpa balas di atas menit ke 60 babak kedua, pelatih Gareth Southgate mulai bereksperimen dengan menarik Kane untuk digantikan striker Jamie Vardy pada menit ke-63.



Tak hanya Kane, tapi Southgate juga menarik gelandang Jesse Lingard untuk memasukkan Fabian Delph.


Panama juga melakukan pergantian dua gelandang mereka pada menit ke-69 dan ke-70, dengan tujuan mengejar ketertinggalan gol yang cukup besar.


Pada menit ke-70, gelandang Inggris, Kieran Trippier juga ditarik keluar utnuk digantikan Danny Rose.


Serangan bergelombang terus dilakukan Inggris, namun tidak sekuat babak pertama. Namun begitu, barisan tengah dan belakang Panama tetap kerepotan menghadapi kecepatan pemain-pemain Inggris.


Namun begitu, dalam sebuah skema serangan, pada menit ke-70, Panama mendapatkan hadiah tendangan bebas dari luar kotak penalti. Pemain sayap, Ruben Avila mengangkat bola, lalu disambar gelandang Felipe Baloy dengan tendangan keras sambil menjatuhkan diri. Bola meluncur deras ke gawang Inggris. Skor 6-1 untuk Panama, masih untuk keunggulan Three Lions.


Kedudukan 6-1 bertahan hingga akhir pertandingan babak kedua untuk keunggulan Inggris atas Panama. Dengan kemenangan ini, Inggris memuncaki klasemen Grup G, serta memastikan diri lebih awal lolos ke babak 16 besar bersama Belgia, yang pada pertandingan sebelumnya menyudahi perlawanan Tunisia dengan skor 5-2.



Babak Pertama, Inggris Sudah Ungguli Panama 5-0


Sebelumnya, Inggris memulai babak pertama dengan sangat baik. Bermain tenang melihat bagaimana bentuk permainan Panama sebenarnya, karena memang ini adalah pertemuan pertama kedua kesebelasan tersebut.


Inggris mendapat tendangan sudut pada menit ke-8, Trippier mengangkat bola ke tiang jauh, langsung disambar bek John Stones, Skor 1-0 untuk Inggris !


Tak cukup, menit ke-22, Inggris mendapatkan hadiah penalti, dan striker Harry Kane sekaligus kapten, memanfaatkannya dengan baik sekali. Skor 2-0 untuk Inggris !


Seperti sudah menemukan semua kelemahan Panama, pada menit ke-36, Three Lions menggandakan lagi keunggulannya lewat tendangan keras dari luar kotak penalti lawan. Menerima sodoran umpan terukur Raheem Sterling, bola langsung ditembak sekencangnya ke gawang Panama. Skor 3-0 untuk Inggris !


Permainan Panama semakin tak terarah, dan melalui tendangan bebas, bola sundulan Raheem Sterling yang memantul, diteruskan John Stones untuk menjadi gol pada menit ke-40. Skor 4-0 untuk Inggris !


Inggris 'membungkus' Panama di babak pertama dengan sebuah gol penalti dari Harry kane pada menit ke-46 masa injury time.


Inggris melumat Panama 5-0, baru babak pertama !