Beritahati.com, Jakarta - Indonesia memiliki banyak makanan pokok diluar nasi. Sebut saja diantaranya, jagung, umbi, dan sagu. Bahan makanan pokok asli Indonesia juga tersebar di beberapa daerah nusantara dari Aceh hingga Papua.


Contohnya jagung. Indonesia adalah produsen jangung terbesar nomor delapan di dunia. Amerika Serikat dan Tiongkok berada di urutan pertama dan kedua. Sebagai bahan pangan, beberapa daerah mengonsumsumi olahan jagung sebagai pengganti nasi dan beragam menu olahannya.


Nah, ada banyak makanan tradisional berbahan dasar jagung. Berikut sajiannya :


1. Binte Biluhuta
Binte biluhuta merupakan makanan khas Gorontalo berbahan dasar jagung manis yang dipipil kemudian dimasak bersama udang. Dalam bahasa Gorontalo, binte biluhuta berarti jagung yang disiram.


Binte biluhuta atau disebut juga milu siram atau sup jagung memiliki tiga rasa khas manis, asam, pedas campuran jagung dan ikan/udang disertai bumbu pedas.


2. Katumbu Gola
Katumbu gola merupakan kuliner khas Sulawesi Tenggara, khususnya dari Kabupaten Muna Barat, di Pulau Muna. Katumbu gola terdiri dari bahan utama jagung dengan campuran gula merah, gula putih, dan garam.


Katumbu gola dibuat dengan jagung segar baru panen. Katumbu gola biasanya dibuat masyarakat setempat saat panen jagung tiba. Cara masak katumbu gola yaitu dikukus.


3. Lepet Jagung
Jagung menggantikan beras ketan dalam sajian lepet jagung. (Foto: Instagram @omamuda)
Lepet adalah sejenis makanan yang dibuat dari beras ketan dicampur dengan olahan seperti kacang-kacangan atau bisa diganti dengan lainnya. Nah, lepet jagung bahan utama beras ketannya diganti dengan jagung.


Lepet jagung merupakan makanan ringan berasal dari Gresik dan beberapa daerah lainnya di Jawa Timur. Kalau lepet biasa dibungkus dengan daun kelapa, lepet jagung memanfaatkan kulit buah jagung sebagai bungkus sebelum akhirnya dikukus.


4. Nasek Empog
Nasek empog atau nasi jagung yaitu salah satu makanan pokok Indonesia dari Pulau Jawa, khususnya daerah Jawa Timur dan Jawa Tengah. Kota yang terkenal dengan nasek empog yaitu Surabaya dan Madura.


Selain di Pulau Jawa, nasi jagung juga menjadi makanan pokok sebagian masyarakat Flores, Sumba, dan Pulau Timor. Nasek empog harus menggunakan jagung sudah tua atau dikenal dengan istilah jagung pipil dan dikeringkan. Setelah kering jagung digiling sebelum dimasak seperti memasak nasi biasa.


5. Tinutuan
Tinutuan disebut juga dengan nama bubur Manado, makanan khas Sulawesi Utara. Bahan baku utama Tinutuan bukan jagung, tapi adalah beras. Jagung ikut disertakan sebagai campuran bersama labu kuning, kangkung, serta ubi jalar (bisa diganti singkong). Makan Tinutuan tidaklah lengkap tanpa sambal ikan roa atau sejenis ikan kecil yang dikeringkan dengan cara diasapi.