Beritahati.com, Jakarta - Dasar samudra memiliki wilayah dasar terluas di Bumi, yaitu 59,9% dari seluruh luas permukaan bumi dan mempunyai kedalaman lebih dari 1.800 meter secara keseluruhan. Oleh karenanya, tidak banyak yang bisa mengeksplorasi sehingga muncul banyak pertanyaan tentang apa saja pemandangan dan hewan yang bisa kita temukan di sana.


Nah, berikut ini 5 misteri besar dasar samudra yang belum terungkap sampai sekarang :


1. Piramida.


Sebenarnya sudah banyak sekali kisah tentang Piramida Kristal yang berada jauh di dalam samudra yang dipercaya berada dekat wilayah segitiga bermuda. Namun, sampai sekarang belum ditemukan adanya bukti nyata tentang keberadaannya sehingga kisah ini dianggap bohong atau hoax. Meski begitu, hal ini tidak menghentikan orang-orang untuk terus percaya bahwa piramida itu nyata. Bahkan beberapa dari mereka yakin kalau piramida itu berkaitan dengan alien.


2. Atlantis.


Dalam dialog 'Timateus dan Critias', Plato sama sekali tak menyebutkan tentang lokasi keberadaan Atlantis. Akan tetapi teori-teori yang masuk akal hingga yang tidak pun terus bermunculan. Bahkan ada yang percaya kalau Atlantis masih ada dan masih terlestarikan karena terlindungi oleh kubah dalam air.


Seorang Sejarawan, Bettany Hughes menyelidiki tentang keberadaan Atlantis. Ia berpikir, Plato mungkin mendapatkan ide dari suatu tempat yang berada dekat dengan Yunani kuno yang dikenal sebagai Santorini atau dulu dikenal dengan nama Pulau Thera.


3. Makhluk abadi.


Ubur-ubur laut kecil yang bernama Turritopsis Nutricula hanya mempunyai ukuran 4-5 milimeter. Ilmuwan mengatakan bahwa hewan kecil ini mempunyai kehidupan yang abadi, namun dengan pengecualian apabila ia terbunuh karena suatu kondisi atau dimangsa oleh hewan lain. Setelah dewasa dan kawin, hewan ini dapat memutar ulang siklus kehidupannya, meregenerasi tubuhnya dan menjadi muda lagi yang dinamakan sebagai proses transdiferensiasi. Beberapa mengatakan bahwa manusia bisa belajar dari hewan tersebut, salah satunya adalah untuk menyembuhkan kanker.


4. Monster laut.


Banyak spekulasi yang menyatakan tentang keberadaan monster laut, gurita 'Kraken' adalah salah satunya. Namun, faktanya ikan normal pun bisa tumbuh besar jadi mengerikan jika hidup di dalam laut. Bahkan jika kalian membandingkan dengan dinosaurus terbesar di bumi, ukurannya pun akan terlihat lebih kecil daripada paus biru yang kita kenal saat ini.


Salah satu ilmuwan palaeontolog, Dr. Darren Naish pun mendukung adanya keberadaan monster laut. Ia berpikir bahwa manusia terus menemukan hewan yang semakin hari semakin besar, sehingga tidak menutup kemungkinan bahwa manusia akan menemukan monster laut nantinya.


5. Suara misterius 'The Bloop'.


Bunyi yang berasal dari titik terpencil di Samudra Pasifik Selatan ini membuat bingung orang-orang dari National Oceanic and Atmospheric Administration (NOAA) Amerika Serikat pada tahun 1997. Dr. Christoper Fox dari NOAA mengatakan kalau suara ini bukanlah buatan manusia, seperti bom ataupun kapal selam atau peristiwa bawah laut seperti gunung api dan gempa bumi.


Ciri dari suara "the bloop" juga tidak menyerupai makhluk hidup. Oleh karenanya banyak yang berspekulasi soal suara misterius tersebut. Hingga akhirnya NOAA mengklaim kalau suara tersebut hanyalah suara es pecah yang disebut sebagai 'ice quake' yang letaknya beberapa kilometer dari titik dengar.