Beritahati.com, Bogor - Latihan pratugas dapat memberikan pengetahuan tentang daerah misi United Nations Interim Forces in Lebanon (UNIFIL) dan tantangan tugas serta Standard Operational Procedure (SOP) dalam rangka meningkatkan kemampuan serta kesiapan Satuan Tugas (Satgas) yang akan tergabung dalam Kontingen Garuda (Konga) UNIFIL.


Hal tersebut disampaikan Komandan PMPP TNI Brigjen Viktor H. Simatupang, pada saat memimpin upacara pembukaan latihan pratugas Satgas Konga TNI UNIFIL Lebanon, di lapangan upacara Canti Dharma, PMPP TNI, Sentul, Bogor. Senin (2/7/2018).


Dalam kesempatan tersebut, Komandan PMPP TNI menyampaikan para peserta selama mengikuti latihan pratugas akan diberikan materi umum Core Pre Deployment Training Material dan materi pendukung diantaranya doktrin PBB, materi teknis, dan beberapa materi aplikasi yang dirancang khusus guna mendukung kelancaran pelaksanaan tugas operasi perdamaian PBB.



“Untuk mendalami setiap materi yang diberikan oleh para instruktur dituntut kesungguhan dalam latihan, kualitas moral dan etika, kecerdasan berpikir, kerjasama dan loyalitas serta kesiapan fisik dan mental yang tinggi," ucapnya.


Brigjen TNI Viktor H. Simatupang juga menyampaikan untuk terus meningkatkan kemampuan bahasa Inggris dan bahasa lokal (Arab) sebagai modal berkomunikasi di komunitas internasional.


Dirinya tak lupa mengingatkan para peserta untuk mulai mengenal dan memahami karakteristik wilayah Lebanon yang sangat berbeda dengan Indonesia, baik dari segi geografis, demografis maupun kondisi sosial budaya serta kearifan lokal guna mempercepat adaptasi di daerah penugasan.



Lebih lanjut, dirinya menuturkan bahwa para peserta diharapkan segera menjalin komunikasi dengan personel yang sedang melaksanakan tugas perdamaian di Lebanon dan menggali informasi dari berbagai sumber resmi serta media lainnya tentang misi UNIFIL Lebanon.


Di akhir sambutannya, Komandan PMPP TNI juga mengharapkan kepada para peserta dapat mengikuti latihan pratugas ini dengan antusias, semangat, tetap menjaga kesehatan, serta mampu menyerap dan mengaplikasikan seluruh materi yang diterima selama latihan pratugas.


Latihan pratugas Satgas Konga UNIFIL Lebanon diikuti sebanyak 308 personel yang terdiri dari 185 pesonel Angkatan Darat, 62 personel Angkatan Laut, 39 personel Angkatan Udara, 20 personel Mabes TNI dan 2 personel Kementrian Pertahanan dipimpin oleh Komandan Kontingen Garuda Kolonel Inf Aji Mimbarno.