Beritahati.com, Jakarta - Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump mulai menunjukkan taringnya di bidang ekonomi. Mengapa dmeikian? Karena Ekonomi AS belakangan ini sedang berjaya.


Tak dipungkiri, ekonomi AS sedang naik saat ini. Mall penuh orang belanja, restoran penuh sesak orang makan siang dan malam, bahkan tingkat pengangguran disana berhasil ditekan sangat kecil sekarang.


Oleh karena itu, dirinya mulai membuat kebijakan-kebijakan dagang luar negeri semaunya, dalam arti lebih menekan mitra dagang yang dianggap tak sejalan dengan AS.


Salah satu tindakan Trump yang seenak 'jidatnya' adalah sekarang ini, dimana secara tiba-tiba memperingkatkan Indonesia untuk berhati-hati terkait hubungan dagang Indonesia-AS.


Ketua Tim Ahli Wakil Presiden, Sofjan Wanandi menyampaikan, Trump sudah mengeluarkan warning atau peringatan bagi Indonesia, dan Presiden AS siap mencabut perlakuan khusus terhadap Indonesia di bidang perdagangan.


"Trump sudah warning. Beberapa aturan mengenai special treatment tarif yang diberi AS ke Indonesia segera dicabut, terutama bidang tekstil. Dia akan melakukan keinginannya, apakah besok jadi perang dagang atau tidak, tak ada yang tahu," ujarnya di Apindo, Jakarta, Kamis (5/7/2018).


Bahkan sekarang ini, menurut Sofjan, warga AS sendiri tidak bisa menerka arah kebijakan Presiden Trump untuk kedepannya.


Menurut berbagai sumber pemberitaan di AS, di dalam negeri mereka sendiri, Trump menjadi pemimpin yang paling tak bisa dimengerti. Selalu marah-marah, hingga ada yang menganggap ia sebenarnya tak bisa apa-apa.


Tapi yang membuat warga AS terkejut, kemajuan ekonomi negara mereka justru terjadi di era pemerintahan Trump saat ini.


"Ekonomi AS bukan main pertumbuhannya," tandas Sofjan Wanandi.