Beritahati.com, Jakarta - Untuk mencegah serta mengatasi gatal dan iritasi kulit di area kewanitaan, ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan, diantaranya :


Gunakan pakaian dalam yang berbahan katun dan tidak ketat. Selain itu, ganti pakaian dalam setiap hari secara rutin. Kurangi atau hindari pemakaian panty liner, karena bisa membuat area kewanitaan Anda lembab.


Gantilah pakaian dalam, baju, dan celana, setiap kali Anda berkeringat, untuk mengurangi infeksi jamur yang bisa disebabkan karena kulit yang lembab.


Cuci dan bersihkan area organ intim kewanitaan Anda dengan lembut, setidaknya satu kali sehari. Ingat, jangan menggosoknya terlalu kuat.


Bersihkan area kewanitaan dengan benar, yaitu dari arah depan ke belakang (dari vagina menuju anus) setelah buang air. Anda bisa menggunakan sabun pembersih kewanitaan yang berbahan lembut, alami, dan memiliki kandungan hypoallergenic untuk meminimalisir terjadinya alergi di area kewanitaan.


Hindari berbagai pemicu terjadinya alergi kulit dan iritasi pada organ intim, seperti sabun mandi biasa dengan pH tinggi, parfum, tisu toilet berwarna, dan disarankan untuk menggunakan tisu toilet yang tidak berwarna dan tanpa pewangi ketika membersihkan area organ intim Anda.


Gantilah pembalut sesering mungkin ketika Anda menstruasi, jika perlu gunakan produk pembersih kewanitaan untuk membantu membersihkan area kewanitaan.


Pastikan area kewanitaan tetap kering agar tidak mengundang bakteri dan jamur.


Produk pembersih kewanitaan berlabel hypoallergenic yang berbahan lembut seperti aloe vera dan kolagen, dengan pH yang sesuai tingkat keasaman vagina, dapat menjadi salah satu pilihan tepat untuk membersihkan organ kewanitaan dengan baik.


Disarankan memilih produk kewanitaan yang memiliki kandungan aloe vera dan kolagen untuk meredakan peradangan dan mengembalikan kelembaban, bakteri baik Lactobacillus untuk mengembalikan dan menjaga keseimbangan pH area kewanitaan.


Pastikan juga untuk memilih produk yang telah teruji klinis atau berlabel dermatologically tested.


Rasa gatal yang mungkin ditimbulkan oleh iritasi dan alergi bisa menyebabkan Anda tidak nyaman. Selain itu, iritasi yang terjadi di area kewanitaan bisa saja menyebabkan infeksi dan mengundang beragam penyakit.


Jika Anda mengalaminya, segera konsultasikan pada dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.