Beritahati.com, Jakarta - Berdasarkan imbauan dr. Sepriani Timurtini Limbong dari KlikDokter, ada beberapa tips yang bisa dilakukan untuk mencegah penyakit akibat erupsi gunung berapi, yaitu :


Tetap berada dalam rumah. Hindari keluar rumah bila tidak ada keperluan yang mendesak. Tutup pintu dan seluruh jendela rumah. Hal ini dapat memperkecil masuknya debu vulkanik ke dalam rumah.


Gunakan alat pelindung diri. Apabila terpaksa harus keluar rumah atau berpindah tempat, gunakan alat pelindung seperti topi, helm, dan masker.


Mencuci bersih semua makanan. Sebelum makan, selalu cuci semua bahan makanan agar sedapat mungkin tidak terdapat debu di permukaannya.


Siapkan obat-obatan darurat. Bagi Anda yang memiliki kondisi tertentu, seperti asma atau alergi, siapkan obat di tempat yang mudah dijangkau. Sewaktu-waktu kondisi alergi atau asma kambuh, Anda dapat dengan segera mengatasinya.


Konsultasi dengan dokter atau tenaga kesehatan. Bila Anda atau anggota keluarga mengalami gejala seperti batuk tidak berhenti, sesak napas, nyeri dada atau suara mengi, jangan ragu untuk segera berkonsultasi dengan dokter atau tenaga kesehatan terdekat untuk segera mendapat pengobatan.


Menurut Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG), salah satu gunung berapi aktif di Indonesia, yakni Gunung Agung, Bali, diperkirakan akan terus erupsi. Oleh karena itu, PVMBG merekomendasikan masyarakat yang bermukim dan beraktivitas di sekitar aliran sungai yang berhulu di Gunung Agung agar mewaspadai potensi ancaman bahaya sekunder berupa aliran lahar hujan, yang berpotensi terjadi pada musim hujan dan jika material erupsi masih terpapar di area puncak.


Selain itu, PVMBG sudah berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan setempat untuk melakukan langkah-langkah pencegahan agar bisa terhindar dari penyakit yang tekait dengan erupsi Gunung Agung tersebut.