Beritahati.com, Jakarta - Ketua DPP Partai Gerindra, Ahmad Riza Patria mengatakan, terkait dengan Calon presiden (Capres) untuk Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019 mendatang, pihaknya menghormati seluruh partai koalisi Gerindra, seperti PAN, PKS, bahkan Demokrat, yang digadang Riza bakal memperkuat koalisi.


"Yang pertama, kita menghormati usulan masing-masing partai, baik dari PKS dan PAN. Kita sudah putus di internal mengenai Capres Prabowo Subianto, karena hanya beliau yang menurut kami memungkinkan untuk melampaui bahkan memenangkan Pilpres 2019," sebut Riza di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (10/7/2018).


Riza menambahkan, partai koalisi seperti PKS punya calon 9 (sembilan) nama, PAN punya satu, Demokrat juga punya satu nama, yakni Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), kemudian PKB kabarnya mulai merapat membawa nama Ketua Umum (Ketum) mereka, Muhaimin Iskandar atau Cak Imin.


"Kita hormati tapi Gerindra sudah putus di internal bahwa Capres adalah Pak Prabowo," ujarnya.


Sedangkan terkait Calon Wakil Presiden (Cawapres), kata dia, Gerindra masih mempertimbangkan nama-nama yang beredar termasuk AHY dan Anies Baswedan, sampai Chairul Tanjung.


Menurutnya, keadaan koalisi seperti ini adalah hal biasa, apalagi dengan semua partai ingin memajukan calonnya masing-masing, itu dianggapnya sudah biasa dalam koalisi.


"Kita akan gali, cermati, pelajari, teliti, siapa yang terbaik untuk memenangkan Pilpres 2019," imbuhnya.