Beritahati.com, Jakarta - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman, Luhut B. Pandjaitan mengatakan kepada para diplomat yang sedang mengikuti Sekolah Staf dan Pimpinan Kementerian Luar Negeri (Sesparlu), supaya dapat melakukan hal-hal terbaik demi bangsa, dan juga agar lebih percaya diri dalam mewakili Indonesia di dunia internasional.


“Indonesia adalah negara besar dengan berbagai kapasitasnya, perekonomian Indonesia juga terus bertumbuh. Berbagai kebijakan pemerintah saat ini juga sudah on the track, ditambah dengan adanya strategi pembangunan ekonomi kemaritiman yang akan memperkuat fondasi perekonomian dan mendorong pemerataan, untuk itulah kita harus lebih percaya diri,” ujar Menko Luhut dalam kuliah umum dan pembekalan di hadapan peserta diklat Sesparlu ke-59, di Pusdiklat Kemenlu, Rabu (11/7/2018).



Menko Luhut mengakui, perekonomian global diperkirakan akan terus berfluktuasi, dan tekanan terhadap mata uang rupiah juga akan terjadi. Namun, dirinya menegaskan kepada para diplomat yang hadir, bahwa langkah pemerintah saat ini telah membuat perekonomian nasional stabil dan relatif dapat meredam apabila terjadi guncangan perekonomian global.


“Diplomat harus bekerja secara terintegrasi dan bervisi ke depan, dan yang penting tetap kedepankan kepentingan nasional dalam setiap melaksanakan tugas, kita juga tidak perlu khawatir berlebihan terhadap prospek perekonomian nasional,” tambah Menko Luhut.