Beritahati.com, Jakarta - Setelah menyimak bahaya penggunaan deodoran di atas, tentunya Anda memerlukan cara lain yang tepat dan mudah untuk menghindari bau badan.


Dilansir dari berbagai sumber, ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan:


1. Mandi setiap hari


Bersihkan tubuh Anda dari keringat dan bakteri yang menempel pada kulit dengan mandi setiap hari, begitulah saran dr. Theresia Rina Yunita dari KlikDokter. Mandi setidaknya dua kali sehari, lalu keringkan kulit dengan handuk hingga benar-benar kering.


“Lingkungan yang kering membuat bakteri sulit berkembang biak. Jangan lupa juga untuk mengganti handuk secara rutin, karena handuk juga dapat menyimpan bakteri yang membuat kulit terkontaminasi,” jelasnya.


2. Gunakan sabun antibakteri


Menggunakan sabun antibakteri untuk mandi ataupun mencuci tangan dan kaki sangat efektif untuk membantu Anda menyingkirkan bakteri berbahaya dari tubuh.


3. Cukur rambut ketiak


Banyaknya rambut pada ketikak dapat menjadi lingkungan yang bersahabat untuk pertumbuhan bakteri. Selain itu, rambut-rambut tersebut juga akan memperlambat proses penguapan keringat, sehingga bakteri dan bau badan terperangkap di ketiak Anda. Dengan mencukurnya, ketiak Anda akan mudah kering dan Anda pun terhindar dari bau badan.


4. Kenakan pakaian dengan bahan yang mudah menyerap keringat


Pilihlah pakaian dengan bahan yang terbuat dari serat alami seperti katun. Bahan seperti ini memungkinkan kulit Anda untuk bernapas, karena mudah menyerap keringat.


Menjaga tubuh agar terhindar dari bau badan memang penting. Namun, Anda juga sebaiknya memilih cara yang