Beritahati.com, Jakarta - Menpora Imam Nahrawi mengatakan, sekarang para atlet Asian Games sedang melakukan pemusatan latihan baik di dalam negeri maupun luar negeri, ada pula yang sedang mempersiapkan diri untuk kejuaran-kejuaran dunia maupun asia. Dirinya pun berharap peak performance para atlet akan berada di tanggal 18 Agustus 2018, atau bahkan 5 hari sebelumnya.


"Jadi mereka sudah siap tanding saat Asian Games nanti," ujar Menpora kepada wartawan saat meninjau latihan para atlet yang akan diterjunkan dalam Asian Games 2018 Agustus mendatang, di Kompleks Olahraga, Gelora Bung Karno, Jakarta, Kamis (12/7/2018).


Oleh karena itu, kata Imam, persiapan fisik, strategi, tehnik, secara keseluruhan, sedang dilakukan oleh para atlet dari seluruh cabang olahraga (cabor) dibawah bimbingan dan pengawasan pelatih dan official masing-masing.


Tinggal sekarang, doa dan dukungan dari seluruh masyarakat Indonesia. Terutama bagi atlet yang berasal dari daerah, diharapkan bisa mendapatkan dukungan penuh untuk memompa semangat bertanding mereka demi mengukir prestasi terbaik bagi bangsa dan negara tercinta.


"Jadi tolong gerakkan dukungan dan doa kepada mereka, karena itu penting. Sekali lagi, musuh terbesar seorang atlet adalah dirinya sendiri, dan faktor psikologis betul-betul menjadi dominan," kata Menpora.


Bagaimana kekompakan dengan tim, pasangan, menjadi masalah yang sangat fundamental. Karena itu, fase inilah yang sedang dilakukan pemerintah terhadap para atlet, yakni memberikan pendampingan secara psikologis.


"Penguatan mental, psikologis, dari semua atlet, kita dampingi secara detil. Sehingga tidak ada lagi keluhan-keluhan baik dari Pelatnas, keluarga, sosial media, dan lain sebagainya," tandasnya.