Beritahati.com, Tokyo – Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Puan Maharani menghadiri rangkaian acara Festival Indonesia di Hibiya Park, Tokyo, Minggu (29/07/18). Festival Indonesia ini diselenggarakan untuk memperingati dan memeriahkan perayaan 60 tahun hubungan diplomatik Indonesia dan Jepang.


“Jepang dan Indonesia telah menjadi mitra strategis dalam berbagai bidang, tidak hanya ekonomi dan politik, namun juga sosial dan budaya” ujar Puan di sela-sela acara Festival Indonesia.


Menurutnya, persahabatan yang terjalin terus meningkat, tidak hanya antar negara, akan tetapi berproses menjadi persahabatan antar masyarakat.


Hingga saat ini, katanya, terdapat berbagai program kemitraan yang dilakukan oleh Indonesia dan Jepang. Misalnya, di sektor kesehatan dengan penempatan Nurse dan Careworker Indonesia di Jepang yang terus meningkat sejak tahun 2008. Selain itu, di sektor pendidikan pemerintah Indonesia dan Jepang melakukan kerjasama untuk Science and Technology Research Partnership for Sustainable Development. Selanjutnya, di sektor budaya, kerjasama dua negara ini dilakukan dalam bentuk pengenalan dan pertukaran budaya melalui Festival Film, pertukaran pelajar untuk mempelajari kesenian masing-masing negara, dan kemitraan lainnya.


Puan juga menyatakan sangat mengapresiasi dukungan pemerintah Jepang selama ini untuk turut menyukseskan ajang perhelatan Asian Games 2018. “Harapan saya, peringatan 60 tahun hubungan diplomatik Indonesia-Jepang merupakan momentum strategis bagi kedua negara untuk meningkatkan kerja sama dan maju bersama”, pungkasnya.


Festival Indonesia dilaksanakan sebagai wahana untuk memperkenalkan dan menyebarluaskan informasi kekayaan budaya seni dan potensi Indonesia kepada Pemerintah dan masyarakat Jepang serta sarana komunikasi bagi warga negara Indonesia yang tinggal di Jepang untuk tetap melestarikan budaya bangsa dan adat istiadatnya.


Festival Indonesia ini diisi dengan panggung pagelaran budaya tradisional Indonesia dan Jepang, exhibition area, workshop, area kuliner, dan area permainan anak. Dalam acara ini, Puan juga mengunjungi stan Indonesia yang berada di exhibition area, seperti stan Asian Games 2018 dan stan yang menyajikan berbagai kerajinan khas Indonesia. Selain itu, ia juga sempat bertemu dengan anak-anak Indonesia yang bersekolah di Sekolah Republik Indonesia Tokyo.


Acara yang dimeriahkan dengan lagu, tarian budaya kedua negara serta penampilan dari penyanyi tanah air dan Jepang ini juga dihadiri oleh Megawati Soekarnoputri, MenKUKM Anak Agung Gede Ngurah Puspayoga, Dubes RI untuk Jepang Arifin Tasrif, Wakil Menlu Jepang Iwao Horii, Wakil Presiden Japan-Indonesia Association Kojiro Shiojiri, Anggota DPR RI Herman Hery serta Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey. (TD/EG)