Beritahati.com, Jakarta - Peran Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dalam Percepatan Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan DAS Citarum, Jawa Barat sangat vital. Dan hal ini menjadi satu hal yang penting diperjuangkan, soal pengendalian pencemaran Citarum, karena menyangkut hajat hidup rakyat.


Seperti diketahui, Sungai Citarum merupakan andalan pengairan warga Jawa Barat, khususnya Kota Bandung dan sekitarnya. Sehingga, jika pencemaran dibiarkan berlarut-larut, akan membawa penderitaan bagi rakyat.


Hal tersebut diungkapkan DEA Deputi IV Bidang Koordinasi SDM, IPTEK dan Budaya Maritim, Safri Burhanuddin kepada wartawan dan hadirin dalam sesi sosialisasi awal sebelum keberangkatan rombongan ke Bandung, dalam rangka Diskusi Panel penanganan Sungai Citarum selama 3 (tiga) hari.


"Saya yakin kalau Sungai Citarum bisa menjadi sungai terbersih di dunia dalam waktu lebih cepat dari keinginan Bapak presiden Joko widodo," ujar Safri di Jakarta, Rabu (1/8/2018).


Seperti diketahui, Presiden Joko Widodo menargetkan masalah pencemaran Sungai Citarum selesai dalam waktu 7 (tujuh) tahun.