Beritahati.com, Kebumen - Ketua DPR Bambang Soesatyo mengingatkan, pemerintah pusat maupun daerah dalam mengembangkan obyek wisata, jangan hanya fokus pada nilai ekonomi saja. Pengembangan wisata juga harus sesuai dengan karakter wilayah, kondisi lingkungan, konteks sosial dan dinamika lingkungan.


"Tujuannya, agar tercipta keselarasan antara kebutuhan wisatawan yang bernilai ekonomi dengan penyedia layanan barang dan jasa oleh masyarakat lokal yang menghargai nilai, adat istiadat, maupun warisan budaya. Jangan sampai pengembangan obyek wisata hanya mengejar sisi ekonomi saja, namun merusak nilai-nilai kebudayaan lokal,” jelas Bamsoet saat kunjungan ke kawasan wisata Goa Jatijajar, Kebumen, Jawa Tengah, Kamis (2/8/2018).



Secara khusus, Ketua Badan Bela Negara FKPPI ini juga memuji keindahan alam obyek wisata Goa Jatijajar. Bamsoet juga melihat banyak potensi wisata lainnya di Kebumen yang bisa dimanfaatkan untuk nilai tambah ekonomi.


Semisal, Curug Plumbon, Curug Gunungsari, Pantai Menganti, Pantai Gebyuran dan Benteng Van Der Wijck.


“Keindahan alam seperti Goa Jatijajar merupakan karunia yang tak terkira. Masih banyak tempat wisata lain di Kebumen yang perlu dikembangkan secara serius agar dapat menarik para wisatawan. Saya yakin jika obyek wisata disini tergarap dengan serius, Kebumen akan menjadi salah satu destinasi utama wisatawan lokal dan luar negeri," pungkas Bamsoet.