Beritahati.com, Jakarta - Orang Jepang memiliki budaya tidur unik, yang disebut dengan inemuri. Tradisi tidur ini ternyata dapat membantu mereka dalam meningkatkan stamina dan produktivitas kerja.


Tidur (termasuk tidur siang) pada dasarnya merupakan hal penting untuk mengembalikan stamina dan konsentrasi. Di kebanyakan negara, termasuk di Indonesia, tidur saat sedang bekerja umumnya dianggap manajemen sebagai sikap pemalas.


Berbeda dengan yang terjadi di Jepang, tidur saat bekerja merupakan hal yang umum dan lazim dilakukan. Seni tidur ala orang Jepang atau inemuri ini menjadi hal yang lazin di negeri tersebut karena waktu tidur dianggap hal yang berharga dan wajib dihormati.


Seni tidur inemuri ini telah lama dilakukan orang Jepang, yaitu selama lebih dari 1000 tahun. Tidur tak hanya dilakukan saat berada di kantor, tetapi juga di berbagai fasilitas umum seperti pasar swalayan, kafe, restoran, taman, transportasi umum, hingga tangga darurat.


Mereka yang paling sering menerapkan inemuri adalah karyawan yang lebih senior, sedangkan karyawan junior cenderung ingin terjaga sepanjang hari demi terlihat berenergi.


Tidur saat sedang berada di situasi sosial tertentu dapat meningkatkan reputasi. Misalnya saat seseorang tertidur ketika menghadiri makan malam di restoran dengan atasan dan rekan kerja, mereka akan memberikan pujian karena perilaku tersebut dianggap beretika karena memilih untuk tetap berpartisipasi meski tertidur, ketimbang undur diri meninggalkan acara. Dengan kata lain, orang tersebut dianggap sebagai pekerja keras dan berbakti kepada perusahaan tempatnya bekerja.


Salah satu alasan mengapa tidur di kantor dan ruang publik sangat umum ditemui di Jepang adalah karena sedikitnya waktu tidur di rumah. Bahkan, menurut data dari Kementerian Kesehatan, Tenaga Kerja, dan Kesejahteraan Jepang, 39,5 persen masyarakat Jepang memiliki waktu tidur kurang dari 6 jam setiap malamya.


Itulah mengapa inemuri lazim dilakukan, bahkan menjadi pertanda seseorang rajin dan berdedikasi tinggi dengan pekerjaannya. Orang tersebut dianggap terlalu lelah bekerja hingga mengorbankan waktu tidurnya pada malam hari.


Manfaat penting tidur siang


Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Universitas Harvard, Amerika Serikat (AS), tidur siang selama 60–90 menit dapat memperbaiki stamina, sama seperti tidur selama 8 jam di malam hari. Bahkan, dampaknya akan semakin baik jika tidur siang sambil bermimpi. Sedangkan studi yang dilakukan di Universitas California (AS) menghasilkan kesimpulan bahwa tidur siang membantu kinerja otak lebih baik.


Studi lain yang dilakukan pada 23.681 pria di Yunani selama lebih dari 6 tahun, melaporkan bahwa partisipan yang tidur siang lebih dari 3 kali per minggu dapat mengalami penurunan risiko penyakit jantung hingga 37 persen.


Selain itu, manfaat lain dari tidur siang yang dapat dirasakan adalah peningkatan fokus dan kreativitas, mengurangi stres, memperbaiki persepsi, mengembalikan stamina dan kemampuan motorik, menurunkan berat badan, meningkatkan memori otak, memperbaiki mood, bahkan kehidupan seks Anda dan pasangan turut membaik.


Seperti dilansir di jurnal Nature Neuroscience, stamina partisipan penelitian yang tidur siang selama 30 menit setiap harinya cenderung lebih baik dibandingkan dengan partisipan lainnya yang tidak tidur siang sama sekali. Stamina yang prima ini berdampak pada performa kerja yang baik.


The National Sleep Foundation menyarankan untuk melakukan tidur siang selama 20–30 menit setiap harinya untuk meningkatkan fokus saat bekerja. Waktu tersebut dianggap optimal untuk meningkatkan performa kerja, fokus, dan stamina. Jika tidur siang terlalu lama justru dapat membuat Anda mengantuk dan tidak berenergi setelah terbangun.


Memang tidur siang saat bekerja belum lazim dilakukan secara luas di Indonesia. Meski demikian, bukan berarti tidur siang saat bekerja tak mungkin dilakukan. Jika Anda merasa perlu tidur siang namun enggan terlihat tidur dengan merebahkan kepala di atas meja kerja, Anda bisa mencari ruangan kosong untuk tidur siang selama maksimal 20 menit. Waktu tidur siang yang paling tepat adalah sekitar pukul 1–2 siang, ketika ritme sirkadian Anda mulai menurun.


Jika mengaplikasikan inemuri atau tidur siang tidak memungkinan untuk dilakukan, jaga stamina agar tidak mengantuk ketika sedang padat beraktivitas dengan mengonsumsi multivitamin yang mengandung bahan-bahan seperti nano ginseng, guarana, L-carnitine, serta vitamin B1, B6, dan B12 guna meningkatkan stamina tubuh dan membuat tubuh menjadi segar serta penuh konsentrasi.