Beritahati.com, Jakarta - Seminar Police Goes to Kampus mengangkat tema kuat berjudul : "Bersama Menangkal Bahaya Paham Radikalisme / Terorisme", yang berlokasi di Kampus Universitas Bina Nusantara (Binus), Jalan Kebon Jeruk No.27 Jakarta Barat, Jumat (10/8/2018).


Kegiatan ini sendiri terselenggara bersama atas kerja sama Polres Metro Jakarta Barat dengan Badan Nasional Pemberantasan Terorisme (BNPT) serta menghadirkan para mantan nara pidana teroris (Napiter) sebagai narasumber valid untuk mengupas radikalisme dan terorisme.


Pada kesempatan tersebut, narasumber Napiter, Ustadz Ali Fauzi Mansyur menjelaskan bagaimana dunia kelam dirinya di masa lalu, bagaimana ia tersesat dalam ajaran paham Radikalisme.



Dirinya mengatakan bagaimana berbahayanya ia kala itu saat menjadi pelaku utama teror di sejumlah wilayah baik nasional maupun internasional.


"Dari perekrutan para calon terorisme hingga cara perakitan bom maupun cara menggunakan senjata api," ujar Ali Fauzi mengenang masa kelam kehidupannya.


Namun seiring tertangkapnya semua pelaku teror, dan diikuti pembinaan terstruktur dari Polri dan BNPT di lembaga pemasyarakatan, dirinya menyadari bahwa ia memang tersesat.


Ali Fauzi kemudian menitipkan pesan kepada seluruh mahasiswa sebagai agen perubahan, agar selalu waspada dengan pergerakan radikal apapun, apalagi sekarang memang sudah menyusup ke lingkungan kampus maupun sekolah-sekolah baik menengah pertama, atas, bahkan hingga dasar.


Pada kesempatan kegiatan seminar tersebut, Polres Metro Jakarta Barat menampilkan sebuah karya seni pembacaan puisi dengan judul "Bangkitlah Pemuda Pemudi Bangsaku", sebuah karya dari Kasat Intelkam Polres Metro Jakarta Barat AKBP Yuniar yang dibacakan oleh Iptu Dimitri Mahendra.