Beritahati.com, Jakarta - Petugas lalu lintas Polres Jakarta Timur, memberikan sangsi tegas bagi pengendara motor yang melintas di atas trotoar. Penindakan itu untuk memberi efek jera bagi pemotor yang selama ini viral karena kerap merampas lajur pejalan kaki.


Kasat Lantas Polres Jakarta Timur AKBP Sutimin mengatakan, penindakan yang dilakukan agar tak ada lagi trotoar yang disalahgunakan pengendara motor. Hal ini juga untuk menanggapi viralnya video pemotor yang naik ke atas trotoar. “Motor yang melintas di atas trotoar langsung kami tindak. Kami juga beri denda maksimal agar mereka jera,” kata AKBP Sutimin, Jumat (10/08/18).


Dikatakan AKBP Sutimin, penindakan yang dilakukan pihaknya dilakukan di Jalan Raya Jatiwaringin, tepatnya depan rumah makan Sangkuriang, Makasar, Jakarta Timur. Pasalnya, dikawasan itu pengendara motor kerap naik ke atas trotoar dan mengambil hak pejalan kaki. “Karena kami jaga, pada penindakan itu kami hanya menjaring satu pengendara motor,” ujar AKBP Sutimin.


Sangsi denda maksimal yang diberikan pihaknya, kata Sutimin, dengan mengacu pada pasal 284 junto Psl 106 ayat 2 Undang-Undang Lalu Lintas. Dimana setiap pengemudi kendaraan bermotor yang tidak mengutamakan keselamatan pejalan kaki, akan ditindak. “Makanya, kami berikan sangsi tegas agar tak ada lagi motor yang melintas di atas trotoar,” terang AKBP Sutimin.


Pihaknya, sambung AKBP Sutimin, juga akan menyasar titik-titik lain yang selama ini kerap beralih fungsi. AKBP Sutimin pun mengharapkan masukan dari warga akan titik-titik mana saja yang selama ini trotoarnya kerap dilintasi sepeda motor. “Kami juga sedang mengintai beberapa titik yang selama ini kerap terjadi pelanggaran tersebut,” pungkas AKBP Sutimin. (Alimin/EG)