Beritahati.com, Makassar - Gempa yang meluluh lantakkan Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB), utamanya Lombok, dan memakan banyak korban, menarik simpatik. Rumah Sakit Wahidin Sudirohusodo (RSWS) bersama Fakultas Kedokteran Universitas Hasanuddin (Unhas), dan IKABI berangkat menuju NTB guna membantu para korban yang membutuhkan penanganan medis.


Salah satu anggota tim, Nuradzan, mengungkapkan bahwa rombongan tiba di Bandara Internasional Lombok pada pukul 18.00, yang dilanjutkan mendatangi RS Provinsi, Lombok.


"Di hari pertama, kami langsung observasi ke rumah sakit, ruang ok, serta pasien. Kemudian, dilanjutkan dengan melakukan koordinasi dan briefing bersama Dinas Kesehatan Provinsi," jelas Nuradzan melalui pesan singkatnya, Sabtu (11/08/18).


Nuradzan kembali bercerita, di hari kedua, ia bersama beberapa orang yang berangkat dari Makassar (Sulsel) menuju Lombok itu dibagi menjadi dua tim, yakni tim Hospital dan tim Pra Hospital.


Tim Hospital, katanya, diisi oleh Fakultas Kedokteran Unhas dan IKABI Pusat dengan dipimpin oleh mantan Rektor Unhas, Prof. dr. Idrus Paturusi. "Sedangkan, untuk tim Pra Hospital diisi oleh RSWS dan PSC Celebes dengan menyisir dusun-dusun yang ada di Lombok Utara yang tiap harinya kami targetkan 2-3 dusun," imbuh Nuradzan.


Saat ini, lanjut Nuradzan, relawan medis yang berasal dari Makassar sudah memasuki hari kelima di Lombok (NTB). Ia pun berharap, dengan kehadiran para tenaga medis ini bisa menyembuhkan para korban terutama dari rasa traumatik. (Rahma/EG)