Beritahati.com, Jakarta - Perjuangan pebulutangkis Indonesia, Anthony Sinisuka Ginting untuk memberikan angka pertama bagi Indonesia dalam final beregu putra Asian Games 2018, harus terhenti saat kedudukan 20-21 di set ketiga melawan pebulutangkis China Shi Yuqi, di Istora Senayan, Gelora Bung Karno, Jakarta, Rabu (22/8/2018) malam.


Saat kedudukan 20-21 di set ketiga, Anthony dipaksa menghentikan pertandingan karena cedera kaki yang tidak memungkinkan bagi dirinya melanjutkan perjuangan.


Anthony berpeluang memenangkan pertandingan tersebut, setelah pada set pertama menang dengan skor 21-14 dan set kedua dimenangkan Shi Yuqi 21-23.


Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang menyaksikan langsung pertandingan tersebut mendatangi Anthony Sinisuka Ginting saat tengah menerima perawatan di ruang medis.


“Masyarakat Indonesia bangga dengan perjuangan Anthony. Kamu telah memberikan yang terbaik,” ucap Presiden Jokowi.


Selain dapat dukungan dari Presiden Jokowi, ternyata menurut pantauan di media sosial Twitter, ratusan ribu kicauan mengiringi kekalahan menyakitkan Ginting itu.


Setidaknya lebih dari 300 ribu tweet dikirimkan netizen guna memberi dukungan dan apresiasi atas perjuangan mati-matian Ginting melawan Shi Yuqi.


Nama Ginting akhirnya sempat menjadi trending topic dunia pada saat itu. Tweet dukungan untuk Ginting bukan hanya dari netizen Indonesia saja, akan tetapi juga dari seluruh dunia.


Pria pemilik akun twitter @sinisukaanthony tersebut menerima ratusan ribu dukungan dari Indonesia dan seluruh dunia atas aksi heroiknya dalam olahraga, dan baru bisa terhenti akibat cedera serius. Jika tidak, kemungkinan Ginting mengatasi Shi Yuqi terbuka lebar, mengingat semangat bertandingnya yang luar biasa.