Beritahati.com, Jakarta - Bertempat di Grand Ballroom Hotel Kempinski, Jakarta Pusat, berlangsung acara Seminar Nasional untuk membahas sistem perpajakan dan moneter. Acara tersebut terselenggara atas kerja sama Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) dan Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia.


Seminar tersebut membahas hubungan antara pengusaha dan pemerintah, dengan mengambil tema, “Peran Serta Dunia Usaha Dalam Membangun Sistem Perpajakan dan Moneter yang Adil, Transparan, dan Akuntabel".


Acara seminar tersebut diikuti lebih dari 1.200 pengusaha Indonesia yang berasal dari Apindo maupun Kadin. Diharapkan dengan adanya acara seminar ini akan semakin memperkuat koordinasi antara pemerintah dengan pengusaha khususnya dalam aturan perpajakan dan moneter.


Acara seminar tersebut menghadirkan pembicara kunci Menteri Keuangan (Menkeu) Republik Indonesia, Sri Mulyani Indrawati.


Sri Mulyani dalam pidato sambutannya mengaku optimis bahwa pertumbuhan ekonomi Indonesia tetap sesuai dengan target yang ditetapkan pemerintah, meski kondisi perekonomian secara global diwarnai ketidakpastian.


“Kita tetap optimis bahwa petumbuhan perekonomian Indonesia tetap sesuai dengan target pemerintah hingga akhir tahun 2018 yang mencapai 5,4%, namun kita harus tetap mewaspadai terjadinya ketidakpastian kondisi perekonomian secara global” kata Sri Mulyani, di Jakarta, Jumat (14/9/2018).


Pejabat penting yang hadir dalam seminar tersebut adalah Dody Budi Waluyo Deputi Gubernur Bank Indonesia (BI), Robert Pakpahan Direktur Jenderal (Dirjen) Pajak Kementerian Keuangan (Kemenkeu), Heru Pambudi Direktur Jenderal (Dirjen) Bea dan Cukai Kementerian Keuangan (Kemenkeu) dan Suahazil Nazara Kepala Badan Kebijakan Fiskal Kementerian Keuangan (Kemenkeu).