Beritahati.com, Jakarta - Makanan khas Indonesia, yakni tempe, kini semakin mendunia. Makanan yang terbuat dari fermentasi biji kedelai tersebut memang sangat digemari di tanah air. Namun jadi mendunia? Kenapa bisa?


Tempe yang penuh kandungan kalsium, vitamin B dan zat besi ini sudah banyak dijual dan diproduksi di luar negeri. Rupanya tempe sering dijadikan sebagai pengganti daging oleh kaum vegetarian di dalam dan luar negeri.


Resto es krim di Amerika Serikat, Baked Bear menyajikan es krim tempe untuk kemasan ekonomis. Dan banyak sekali peminatnya, sehingga mereka menambah kuota produksinya setiap hari.


Di Indonesia sendiri tempe biasanya disajikan sebagai lauk-pauk yang diolah dengan cara digoreng yang sebelumnya sudah dilumuri bumbu.


Namun kini, tempe sudah dikreasikan menjadi makanan-makanan kekinian, mulai dari steak hingga gelato. Itulah yang membuat tempe semakin mendunia.


Daripada makin penasaran, ini dia 6 kreasi olahan tempe kekinian :


1. Steak tempe.


Seperti yang sudah disebut sebelumnya, banyak yang menjadikan tempe sebagai pengganti daging. Nah steak tempe ini merupakan salah satu kreasi tempe untuk menggantikan daging. Jangan ragu sama olahan tempe kekinian satu ini, karena meski bukan dari daging, steak tempe nggak kalah lezat lho. Bahkan dari segi rasa dan tampilan pun tidak berbeda jauh dari steak daging, bukan?


2. Burger tempe.


Nggak cuma buat gantikan daging menjadi steak aja, tempe juga pas banget buat pengganti daging yang ada di burger. Pastinya burger yang kamu makan jadi lebih sehat dan bernutrisi. Oh iya, biasanya tempe tidak hanya menggantikan daging pada burger tapi bisa juga dibuat untuk menggantikan roti bun pada burger.


3. Brownies tempe.


Jika biasanya tempe hanya disajikan sebagai lauk dengan cita rasa gurih. Lalu apa jadinya jika tempe dipadukan dengan brownies yang bercita rasa manis dan legit? Wah pastinya bakal memberikan sensasi berbeda yang bakal jadi pengalaman tersendiri saat mencicipinya. Jadi penasaran bukan?


4. Biskuit tempe.


Ternyata tempe juga bisa diolah menjadi biskuit lho. Ya, kreasi unik dan kekinian dari tempe ini berhasil diciptakan oleh seorang mahasiswa Universitas Brawijaya yang membuat biskuit berbahan tepung ganyong dan tempe yang dicampur bekatul. Kreasi uniknya ini bahkan lolos dalam kompetisi pangan dunia yang diciptakan untuk mengatasi kelaparan dan malnutrisi.


5. Gelato tempe.


Mau mencicipi tempe dalam bentuk yang manis dan dingin? Kalau gitu kamu harus coba gelato tempe yang satu ini. Olahan tempe kekinian dari kedai Gelato Secrets ini bakal memberi sensasi berbeda saat menikmati tempe. Bahkan gelato dengan rasa cukup nyeleneh ini sukses mencuri perhartian banyak orang lho.


6. Tempe cokelat greentea.


Kini tempe juga ternyata bisa diolah menjadi camilan nikmat yang dipadukan dengan dua bahan yang jauh berbeda, yaitu cokelat dan greentea. Kreasi kekinian tempe yang satu ini emang bikin penasaran banget bukan?