Beritahati.com, Jakarta - Compassion fatigue, suatu keadaan dimana Anda kehilangan kemampuan untuk menilai hal-hal yang terjadi dengan maksimal. Ini tidak baik untuk kehidupan pribadi Anda. Harus dicarikan solusi atau jalan keluarnya.


Tak mustahil juga bahwa kondisi tersebut menyebabkan Anda berubah menjadi pribadi yang bertentangan, yaitu apatis. Sebab, Anda sudah telanjur kebal dengan hal-hal berbau kepedulian. Artinya sudah hilang empati dari diri kamu. Oleh sebab itu, lakukan hal-hal di bawah ini agar rasa empati Anda kembali ke kadar normal.


Meditasi
Istirahatkanlah diri Anda sejenak sambil memejamkan mata dan mengatur napas dalam agar kembali tenang dan memiliki emosi yang lebih stabil.


Berikan batasan pada diri Anda
Terlalu sering berempati terkadang bisa membuat Anda dimanfaatkan oleh sejumlah oknum. Maka, beranilah untuk mengatakan tidak bila pada akhirnya itu hanya akan merugikan Anda. Jangan juga terlalu memaksakan segala sesuatu. Terbiasalah untuk membuat batasan supaya Anda mengetahui secara bijak tentang mana yang sepadan dan mana yang tidak.


Berliburlah!
Tak ada salahnya Anda mengambil waktu untuk 'melarikan diri' sejenak dengan pergi ke tempat yang Anda sukai dan melakukan kegiatan mengasyikkan. Hal itu pasti bisa mengisi ulang semangat dan emosi positif Anda.


Bicaralah dengan orang yang Anda percayai
Rasa empati yang berlebihan terkadang membuat Anda selalu menjadi pihak yang mendengarkan. Kini, giliran Anda yang mulai didengarkan. Ceritakanlah keluh kesah Anda kepada orang yang Anda percaya. Setelah Anda melakukannya, Anda pasti merasa lebih baik, dan mungkin siap untuk mendengarkan cerita baru lagi.


Kelilingi diri Anda dengan orang-orang baik
Bila Anda ingin menumbuhkan rasa empati, berkumpullah dengan orang-orang optimis, bijaksana, punya kepedulian terhadap sesama makhluk hidup. Niscaya, Anda pun pasti tertular sifat baik itu!


Terapkan gaya hidup sehat
Mengonsumsi makanan dan minuman yang bergizi serta rajin beraktivitas fisik tentu berdampak baik untuk Anda. Sebab, di balik tubuh yang sehat pasti ada jiwa yang kuat. Setuju?


Memiliki cukup rasa empati tentu akan membawa banyak hal positif di kehidupan Anda. Itu karena berhasil memberikan sesuatu kepada orang lain, baik itu materi, tenaga, pikiran, hingga waktu, merupakan suatu pencapaian dan kepuasan tersendiri. Meski begitu, ingatlah bahwa berempati terhadap pihak lain bukan berarti Anda menjadi tidak peduli dengan diri Anda sendiri. Berikan juga rasa kasih kepada diri Anda supaya Anda juga memiliki energi positif tambahan untuk membantu orang lain.