Beritahati.com, Yogyakarta - Di hadapan 1.928 atlet dari jenjang SD, SMP, SMA, dan SLB seluruh Indonesia, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy meminta para atlet bertanding dengan motivasi dari diri sendiri dan bersikap sportif.


“Kita inginkan Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) menjadi ajang pencarian bibit potensial bidang olahraga hingga membawa nama besar bangsa. O2SN terbukti mampu melahirkan atlet yang di Asian Games kemarin meraih mendali emas di bulutangkis,” katanya.


O2SN ke depan dipersiapkan sebagai ajang pencarian atlet untuk berlaga di Olimpiade 2020. Sebagai dukungan, Oktober nanti Kemendikbud menyelenggarakan turnamen sepakbola tingkat SMP yang diikuti perwakilan 34 provinsi.


Direktur Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kemendikbud yang sekaligus Ketua Pelaksana O2SN 2018, Hamid Muhammad mengatakan tema besar yang diangkat tahun ini adalah ‘Aktualisasi Potensi, Bakat, dan Prestasi Siswa”.


“Ini ajang tahunan sejak 2008. Tahun sebanyak 1.938 atlet yang disertai 3.485 pendamping dan supporter akan memperebutkan 448 mendali. Ada Sembilan cabor yang dipertandingkan,” jelasnya.