Beritahati.com, Surabaya - DPRD Jawa Timur mendorong Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jatim melakukan pemetaan daerah-daerah rawan bencana di Jatim.


Wakil ketua Komisi D DPRD Jatim, Mahdi mengatakan perlunya pemetaan daerah bencana tersebut sebagai upaya untuk meminimalisir adanya jumlah korban jika terjadi bencana.


“Ingat bencana di Palu tahun lalu sudah diprediksi, namun tak pernah diperhatikan sehingga saat ini jatuh korban banyak. Ini yang harus diantisipasi pemerintah. Begitu juga di Jatim, juga sudah ada prediksi dari para ahli adanya bencana. Ini yang harus diperhatikan BPBD Jatim,” ungkapnya di Surabaya, Selasa (2/10/2018).


Politisi asal PPP ini mengatakan jika dengan adanya pemetaan daerah rawan bencana tersebut, tentunya minimalisir korban terdampak bencana bisa ditekan. "Kita tak bisa menolak adanya bencana, namun kita bisanya meminimalisir agar tak banyak korban jatuh. Itulah yang harus dilakukan BPBD Jatim,” jelasnya.


Tidak hanya itu, pria asal Probolinggo ini berharap juga ada kesiapan dari BPBD Jatim menyiapkan segara prasarananya jika sewaktu-waktu ada bencana alam terjadi di Jatim.