Beritahati.com, Yogyakarta - Lewat penyelenggaraan pameran jasa boga di Pendopo Royal Ambarrukmo Yogyakarta, Asosiasi Perusahaan Jasaboga Indonesia (APJI) DIY diharapkan mampu mendorong kemajuan sektor wisata, terutawa wisata kuliner.


Pameran yang diadakan pada 6-7 Oktober ini diikuti oleh para anggota APJI DIY dari seluruh kabupaten/kota. Kasi Analisis Pasar Dinas Pariwisata DIY, Fitri Diah Wayuni menuturkan Jogja memiliki beragam jenis wisata yang potensial, salah satunya wisata kuliner.


Keragaman masakan, terutama kuliner tradisional menjadi daya tarik wisata yang kuat di Jogja. Tak hanya makanan berat, menurutnya kue-kue atau cemilan jadul pun bisa menjadi magnet wisatawan jika dikembangkan dan dipasarkan dengan baik.


Oleh sebab itu, pihaknya berharap melalui pameran jasa boga ini, para anggota APJI bisa saling meningkatkan kapasitas dan melakukan inovasi pada potensi kuliner yang sudah ada. Pasalnya pada kesempatan seperti inilah, para pengusaha kuliner bisa saling bertemu dan bertukar pikiran.


"Dengan dikemas sebagai pameran jasa boga seperti ini, kami berharap bisa menjadi daya tarik wisata kuliner di Jogja," katanya saat pembukaan pameran jasa boga, Minggu (7/10/2018).


Ketua Umum DPD APJI DIY, Lusi Emy Yuniningsih mengatakan pada gelaran kali ini, tema yang dipilih ialah APJI Gumregah. Dengan mengangkat tema tersebut pihaknya berharap dapat memberikan semangat kepada para anggota untuk meningkatkan kapasitas masing-masing.