Beritahati.com, Pontianak - Kepala Kepolisian Daerah Kalimantan Barat, Inspektur Jenderal Polisi Didi Haryono, melakukan acara tepung tawar pemancangan tiang pertama di lokasi pembangunan gedung Mapolresta Pontianak Kota di bilangan Jalan Johan Idrus No.1 Kecamatan Pontianak Selatan.


Kegiatan itu juga dihadiri Wakapolda Kalbar Brigadir Jenderal Polisi Sri Handayani, Kapolresta Pontianak Kota Kombes Pol Wawan Kristyanto, Plt Wali Kota Pontianak, Edi Rusdi Kamtono dan tamu undangan lainya.


Inspektur Jenderal Polisi Didi Haryono, menjelaskan gedung baru Mapolresta Pontianak Kota akan dibangun setinggi 3 lantai di lahan seluas 2.016 meter persegi.


“Pembangunan ini akan menghabiskan dana sebesar Rp 9 Milliar lebih. Pembangunan menggunakan dana hibah anggaran APBD Pemerintah Kota Pontianak,” kata Didi Haryono, Rabu (10/10/2018).


Didi Haryono menjelaskan, bangunan Mapolresta Pontianak Kota ini merupakan bantuan hibah dari Pemerintah Kota Pontianak, konstuksi dijadikan dua tahap.


“Di tahun anggaran 2018 sebesar Rp 4,9 Milliar lebih untuk tahap I, dan tahun anggaran 2019 diperkirakan sebesar 5 milyar untuk tahap II yang sampai saat ini masih dalam tahap proses lelang oleh Pemerintah Kota Pontianak," kata Didi Haryono.


Didi Haryono menjelaskan, kondisi gedung Polresta Pontianak Kota saat ini sudah tidak memadai sangat sempit. Ia menyebut gedung yang ada sudah tak bisa menampung untuk penambahan ruangan pelayanan kepolisian seperti ruang penyidikan, ruangan dokumen, arsip dan sebagainya.


“Tahun 2018 ini, Polda Kalbar mendapat Berkah. Beberapa gedung dibangun seperti: gedung Rorena, gedung TIK, bangunan commend center Biro Ops, bangunan Masjid Annur, gedung Rumkit, SPN di Singkawang, Mes Bintara di Polres Sambas dan Polres Singkawang, Kantor Pelayanan SIM dan gedung Penjagaan di Polres Singkawang serta yg terakhir lembangunan gedung Ditreskrimsus Polda Kalbar,” kata Didi Haryono.