Beritahati.com, Jakarta - KPK memastikan bahwa tersangka kasus dugaan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Eddy Sindoro telah menyerahkan diri. Yang bersangkutan diketahui telah ditetapkan penyidik KPK sebagai tersangka sejak Desember 2016.


"Benar tersangka Eddy Sindoro telah menyerahkan diri kepada KPK, sementara itu mungkin itu dulu yang bisa kita sampaikan” jelas Ketua KPK Agus Rahardjo di Gedung KPK Jakarta, Jumat (12/10/2018).


Agus menjelaskan sebelum menyerahkan diri, tersangka Eddy Sindoro selama ini diketahui tinggal dan menetap di luar negeri.


Agus rupanya belum bersedia memberikan keterangan lebih detil kepada wartawan terkait Eddy Sindoro. Pimpinan KPK menurut rencana akan menggelar acara jumpa pers di Gedung KPK nanti sore terkait penyerahan diri Eddy Sindoro.


Kasus dugaan korupsi yang menjerat Eddy Sindoro tersebut berawal dari kasus suap atau gratifikasi yang menjerat mantan panitera di Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Pusat Edy Nasution. Diduga Edy Nasution juga menerima sejumlah uang dari pihak lain terkait penanganan sejumlah kasus korupsi yang sedang ditangani PN Jakarta Pusat.


Edy Nasution diduga telah menerima uang seumlah uang dari pengusaha Doddy Ariyanto Supeno sebesar Rp 100 juta pada April 2015. Dalam perkembangannya terungkap bahwa pengusaha Eddy Sindoro diduga juga memberikan suap kepada Edy Nasution.