Beritahati.com, Jakarta - Bagi yang bekerja di kantoran dan membuat Anda tak banyak bergerak perlu berhati-hati, sebab hal tersebut bisa membuat Anda mudah terserang beragam penyakit termasuk sakit jantung. Karena itu, meski pekerjaan sedang banyak-banyaknya, Anda tetap dianjurkan untuk melakukan gerakan-gerakan sederhana agar kesehatan jantung terus terjaga.


Menurut dr. Vito A. Damay Sp.JP M.Kes FIHA FICA dari KlikDokter, bergerak adalah kunci agar Anda terhindar dari penyakit jantung. American Heart Association (AHA) bahkan menganjurkan Anda untuk berolahraga, seperti berenang, bersepeda, atau joging selama 30 menit sehari, sebanyak 5 kali dalam seminggu.


Namun, bagaimana jika sehari-hari Anda selalu sibuk dan tak sempat berolahraga karena pekerjaan yang menumpuk? Itu harusnya tidak menjadi sebuah alasan. Anda tetap bisa melakukan kegiatan yang membuat tubuh “lebih bergerak”. Misalnya memilih lokasi parkiran yang agak jauh, supaya bisa sedikit berjalan ke kantor.


Cara lain, naik dan turun tangga di kantor. Aktivitas sepele ini juga bisa dianggap sebagai olahraga ringan, lho! Menurut dr. Vito, Anda bisa melakukan ini selama 15 menit. Kombinasinya adalah 5–10 anak tangga naik, lalu 5–10 anak tangga turun dengan jeda waktu istirahat 5 detik.


Gerakan sederhana lainnya
Tidak sempat beranjak jauh dari tempat duduk lantaran kerjaan yang menumpuk? Anda tetap bisa berolahraga di kantor dengan melakukan gerakan sederhana! Bagaimana caranya? Menurut Yayasan Jantung Indonesia adalah sebagai berikut:


Gerakan kepala
Ini adalah gerakan pemanasan. Posisikan badan dengan tegak, kemudian gerakkan kepala Anda ke atas dan bawah, serta kanan dan kiri. Lakukan ini dengan hitungan 8 kali untuk masing-masing arah.


Jalan di tempat
Jalan di tempat adalah salah satu gerakan inti dalam senam jantung sederhana. Bukan sekadar menggerakan kaki naik turun, jalan di tempat ini harus dibarengi dengan gerakan tangan. Tujuannya adalah untuk membantu gerakan jalan di tempat menjadi semakin bermanfaat.


Gerakan memutar pundak
Gerakan memutar pundak sangat mudah dilakukan. Caranya, taruh jari-jari di pundak atau bahu, kemudian gerakkan pundak Anda. Variasikan gerakan yang dilakukan ke arah depan dan belakang. Lakukan perlahan, agar tidak cedera.


Gerakan mendorong
Gerakan mendorong, sederhana namun membawa manfaat. Cara melakukannya, Anda perlu berdiri tegak dan kondisi jari “mengepal” di sekitar pinggang. Kemudian, lakukan gerakan seperti mendorong. Pastikan lutut tertekuk ke bawah saat tangan ke depan.


Gerakan menunduk
Ini adalah salah satu bentuk gerakan pendinginan. Caranya, buka lebar kedua kaki Anda. Taruh masing-masing tangan Anda di pergelangan kaki dengan badan membungkuk. Setelah itu angkat badan Anda hingga berdiri tegak dengan posisi kaki tetap terbuka lebar.


Setiap gerakan di atas dapat dilakukan bergantian dengan durasi 2–5 menit, dan istirahat setiap pergantian gerakan selama 10 detik. Usahakan agar total durasinya mencapai 30 menit.


Setelah mengetahui berbagai gerakan sederhana di atas, Anda dianjurkan untuk tidak lagi menganggap kesibukan sebagai alasan untuk tidak aktif bergerak. Anda ingin kesehatan jantung Anda terus terjaga dengan baik, bukan? Selamat mencoba.