Beritahati.com, Surabaya - Setelah sukses mengarungi samudra laut selama 100 hari dengan singgah di 8 kota luar negeri di 6 negara asing, akhirnya KRI Bima Suci kembali ke tanah air. Kedatangan KRI yang berawak sebantak 210 personel tersebut, disambut langsung oleh Panglima Komando Armada (Pangkoarmada) II Laksamana Muda TNI Mintoro Yulianto, Jumat (9/11/2018).


Dalam keterangannya, Laksamana Muda TNI Mintoro Yulianto mengatakan selama 100 hari, KRI Bima Suci menjalankan tugas negara untuk melaksanakan operasi muhibah dan Pelayaran Kartika Jala Krida 2018.


"KRI Bima Suci menjalankan operasi tersebut untuk mengemban amanah dengan tugas utamanya, yaitu sebagai Duta Bidaya dan Misi Diplomasi RI di luar negeri," lanjutnya.


Adapun 8 kota luar negeri di 6 negara asing tersebut, antara lain kota Zhanjiang dan Qingdao di RRC, Kota Yesou dan Jeju di Koresel, Kota Vladivostok di Rusia, Kota Sasebo di Jepang dan kota Manila di Filipina.


Minto menambahkan, usai menjalankan tugas tersebut, pada tahun 2019 mendatang, KRI Bima Suci akan kembali melaksanakan pelayaran tahun untuk mengikuti evet Armada Rou’en di Prancis. "KRI Bima Suci juga akan melakukan Tall Ship Race 2019, di beberapa negara di benua Eropa," tandasnya.