Beritahati.com, Jakarta - Banyak makanan yang mengandung manfaat luar biasa bagi tubuh, namun ada juga makanan yang mengganggu kesehatan. Nah selain itu, tenyata ada beberapa jenis makanan pengganggu konsentrasi. Apa saja?


1. Makanan dan minuman manis
Konsumsi makanan atau minuman manis dalam kondisi darah kekurangan glukosa merupakan cara yang baik untuk meningkatkan energi dan konsentrasi. Namun, perlu diingat bahwa konsumsi gula terlalu banyak dapat membuat badan lemas dan mengantuk. Ini karena makanan dan minuman yang tinggi gula mengandung gula sederhana yang dapat diserap dengan cepat oleh tubuh tanpa memerlukan proses pencernaan yang panjang.


Inilah mengapa sesaat setelah Anda mengonsumsi makanan atau minuman manis, kadar gula darah akan langsung melonjak. Melonjaknya gula darah ini akan merangsang lonjakan pengeluaran hormon insulin untuk memasukkan gula darah ke dalam sel. Akibatnya, gula dalam darah juga akan mendadak turun akibat pengeluaran insulin yang tinggi, sehingga tubuh akan lemas. Daya konsentrasi pun akan terganggu.


2. Minuman beralkohol
Apabila Anda ingin berkonsentrasi dalam melakukan suatu perkerjaan, jangan konsumsi minuman beralkohol. Konsumsinya secara berlebihan akan membuat Anda mabuk, sehingga konsentrasi pun buyar.


Efek yang ditimbulkan tergantung pada jenis alkohol yang Anda konsumsi dan konsentrasi kandungan alkohol di dalamnya. Alkohol dengan konsentrasi tinggi akan membuat Anda pusing, mabuk, dan mengantuk. Alih-alih menyelesaikan tugas, Anda justru bisa mengacaukan pekerjaan tersebut.


Dampak alkohol ini tentunya tak hanya berdampak pada ketelitian pekerjaan, tapi konsumsi dalam jangka panjang bisa menurunkan volume otak serta mengganggu neurotransmiter otak. Dua kondisi tersebut akan mengganggu daya pikir Anda di kemudian hari.


3. Minum kopi secara berlebihan
Minum kopi sesekali atau sesuai batas anjuran bisa membantu meningkatkan konsentrasi karena kopi mengandung kafein yang dapat meningkatkan denyut jantung, sehingga Anda akan lebih “melek” dan konsentrasi pun meningkat. Namun, jika Anda terbiasa minum kopi secara berlebihan, maka perlahan tubuh akan mengalami kecanduan. Bukannya fokus yang didapat, tapi justru badan lemas, mengantuk, dan kesulitan untuk berkonsentrasi.


Oleh karena itu, bijaklah dalam mengonsumsi kopi. Usahakan untuk tidak meminumnya secara berlebihan. Batasannya adalah 1-2 cangkir sehari.


4. Makanan yang ditambahkan penyedap atau terlalu asin


Sebetulnya makanan yang mengandung zat penyedap bukanlah hal yang perlu dikhawatirkan. Namun, pada sebagian orang lainnya, makanan yang mengandung penyedap terlalu tinggi dapat menimbulkan sakit kepala atau pusing. Belum jelas mengapa mekanisme ini bisa terjadi, tapi ini dapat berujung pada terganggunya daya konsentrasi Anda.


Selain makanan yang mengandung penyedap, makanan yang terlalu asin juga dapat mencetuskan pusing atau sakit kepala akibat meningkatkan tekanan darah, terutama pada orang yang memiliki penyakit tekanan darah tinggi alias hipertensi.Maka dari itu, hindari konsumsi makanan yang banyak dibubuhi penyedap atau makanan yang terlalu asin agar konsentrasi dalam menyelesaikan pekerjaan bisa terus terjaga.


Jika Anda sedang membutuhkan konsentrasi tinggi untuk menyelesaikan pekerjaan, apalagi yang mepet deadline, cobalah untuk menghindari empat jenis makanan pengganggu konsetrasi yang disebutkan di atas agar konsentrasi Anda tak terganggu. Dengan demikian, pekerjaan pun dapat terselesaikan dengan baik!