Beritahati.com, Jakarta - Sebagai bentuk solidaritas antar umat beragama, Nazma Khan merupakan tokoh utama yang mencetuskan Organisasi non profit The World Hijab Day (WHD).Ia berencana meluncurkan kampanye #FreeinHijab untuk World Hijab Day tanggal 1 Februari 2019.


World Hijab Day dirayakan sejak tahun 2013.Awalnya, hijabers asal New York itu melakukan percobaan untuk mengajak wanita di sana memakai hijab. Setidaknya selama satu hari sebagai bentuk solidaritas. Ternyata, apa yang ia lakukan mendapat sambutan baik.
Perempuan 35 tahun itu ingin memberikan pengalaman, bukan sekadar pemahaman, tentang jilbab.


Hijrah ke Amerika Serikat (AS) dari Bangladesh, Khan yang saat itu berusia sebelas tahun langsung sadar bahwa dirinya berbeda. Di sekolah, hanya dia yang memakai jilbab.


Di lingkungan tempat tinggalnya, kawasan Bronx di New York City, hanya anggota keluarganya yang berjilbab. Tidak jarang setiap hari Khan mendapat ejekan teman di sekolah dan di sekitar rumahnya.


Perundungan yang menghampiri Khan sejak duduk di sekolah dasar itu berlanjut sampai dirinya dewasa. Semua tekanan tersebut justru mendorong dia untuk bisa menciptakan sebuah organisasi perdamaian yaitu WHD, yang fungsi lainnya agar bisa saling menguatkan antar kaum Muslim.


Khan memilih media sosial sebagai sarana untuk mengobarkan semangat para muslimah dan saling bertukar pikiran di seluruh belahan dunia lain.