Beritahati.com, JAKARTA - Meski bukan tujuan wisata populer seperti Jogja, Bandung atau Malang, Semarang kini tengah berbenah mengembangkan pariwisata. Beberapa destinasi instagramable kini telah hadir di kota lumpia dan sekitarnya. Sebut saja wisata Gua Kreo, Ayanaz Gedong Songo ataupun Taman Celosia di Bandungan. Destinasi kekinian seperti itu bakal bikin Semarang dikunjungi banyak wisatawan, terutama wisatawan domestik.

 

Kian ambisius, Semarang kini punya Saloka Theme Park yang dibangun di Tuntang, Kabupaten Semarang. Tempat wisata ini diklaim sebagai taman bermain terbesar di Jawa Tengah. Seperti apa sih keseruan Saloka Theme Park yang baru saja dibuka bulan lalu ini? Yuk simak ulasannya bareng Hipwee Travel!

 

Semarang kini punya taman bermain yang baru sekaligus gede banget namanya Saloka Theme Park. Katanya sih terbesar di Jawa Tengah!

Saloka Theme Park terletak di Jln. Fatmawati 154, Desa Lopait, Kecamatan Tuntang, Kabupaten Semarang. Lokasinya tak jauh dari kota Salatiga dan juga Rawa Pening. Tempat wisata ini adalah taman bermain dengan berbagai wahana permainan yang cocok untuk anak-anak maupun anak muda. Dengan luas 18 hektar, tempat wisata ini diklaim sebagai taman bermain terbesar di Jawa Tengah. Kayak apa sih isinya?

 

Tempat wisata ini baru dibuka secara soft opening pada tanggal 15 Desember lalu. Artinya, wahana ini baru beroperasi secara penuh 2 minggu terakhir. Masih baru banget dong ya. Terdapat sekitar 25 wahana dan 5 zona tematik yang tersedia di sana. Konsep taman bermain ini seperti Dufan di Jakarta. Hanya saja, masih ada unsur kearifan lokal di Saloka Theme Park. Dengan kompleks seluas 18 hektar dijamin bakal pegel keliling tempat ini. Hehehe.

 

Ada 25 wahana yang bisa kamu nikmati mulai dari wahana Galileo (wahana ilmu pengetahuan), Cakrawala, Jejogetan, Pakubumi, Bengak-bengok , Adu Nyali, Ecowisata Angon-Angon (hewan peliharaan), hingga Agrowisata Ijo Royo-Royo (wahana belajar holtikultura). Banyak banget ‘kan? Sementara zonanya sendiri terbagi dalam 4 macam, yakni zona laut, zona junggle, zona kingdom, dan zona kartun. Jangan salah, banyak sekali tempat foto yang bisa kamu gunakan untuk selfie. Bakalan puas deh liburan ke sana!

 

Lokasi Saloka Theme Park sendiri berada tak jauh dari Rawa Pening. Untuk itu konsep dasar taman bermain ini tetap menjunjung kearifan lokal yakni filosofi legenda Rawa Pening. Hal ini diharapkan nggak cuma jadi taman bermain semata namun juga bisa menjadi identitas sekaligus melestarikan budaya Jawa Tengah.

 

Pemandangannya cukup sejuk dan indah karena taman ini dikeliling perbukitan. Cocok untuk liburan akhir pekan warga Semarang, Salatiga dan Ambarawa.

 

Taman bermain ini berada di kaki-kaki perbukitan sehingga suasananya lebih sejuk dan menyenangkan. Cocok banget deh buat refreshing dari rutinitas pekerjaan. Kalau kamu datang ke sana mending saat pagi atau sore hari. Jam buka pada pukul 08.00 sampai 18.00 WIB saat hari kerja. Pada saat akhir pekan tutupnya sampai pukul 20.00 jadi kamu bisa menikmati matahari terbenam di sana.

 

Tiket masuknya seharga 120 ribu rupiah untuk weekdays, sementara itu harganya 150 ribu rupiah di kala weekend. Tiket ini sifatnya terusan dan bisa menikmati semua wahana di Saloka Theme Park. Mahal atau murah? Ya semua dikembalikan ke kamu ya. Kalau kamu lagi ada duit bisa jadi harganya murah. Kalau lagi bokek ya 50 ribu aja rasanya mahal. Hehehe. Makanya datanglah di awal bulan pas duitnya ada. Iya ‘kan?

 

Yuk liburan ke Semarang dan mampir ke Saloka Theme Park di Tuntang!