Beritahati.com, Jakarta - Setelah liburan akhir tahun tentu disambung oleh liburan Imlek. Maka Singapura menjadi salah satu tempat yang selalu menjadi wisata favorit bagi orang Indonesia dan destinasi wisata yang tepat untuk anda pilih dalam merayakan Imlek.


Lokasinya tidak terlalu jauh, sehingga sering dijadikan alternatif untuk menghabiskan liburan imlek bersama keluarga. Bahkan tak jauh berbeda dari Cina, anda juga bisa merasakan perayaan Imlek yang meriah ketika berkunjung ke Singapura. Jika anda sudah memiliki rencana untuk merayakan Imlek disana, jangan lupa kunjungi beberapa tempat berikut ini.


1. Chinatown


Ada banyak tempat wisata di Singapura gratis yang bisa dikunjungi saat anda sedang berkunjung ke negara tersebut, termasuk saat tahun baru Imlek. Di Singapura, tahun baru Imlek tak akan lengkap tanpa mengunjungi Chinatown. Disini anda bisa berjalan-jalan menikmati suasana toko-toko tradisional, pasar malam, toko modern, hingga kafe.


Terlebih menjelang tahun baru imlek, suasana di Chinatown juga semakin meriah. Biasanya tempat ini akan banyak dihiasi dengan lampion dan dimeriahkan dengan acara pertunjukan Barongsai. Selain itu, bagi anda yang menyukai hal-hal vintage, maka anda bisa mengunjungi balai pengobatan, kedai teh, maupun toko pengrajin emas. Sedangkan bagi anda yang menginginkan suasana yang lebih modern, dapat mengunjungi restoran atau bar yang berada di Neil Road, Keong Said Roak, Ann Siang Road, dan Duxton Road. Tak hanya bisa menikmati suasana Chinatown saat Imlek saja, tempat ini juga menjadi tempat belanja murah di Singapura yang wajib untuk dikunjungi.



2. Marina Bay Sands


Wisata ini dikenal sebagai pesta kembang api terbesar saat perayaan tahun baru. Namun tak hanya tahun baru saja, perayaan Imlek yang ada disini juga sangat meriah. Setiap tahunnya, setiap perayaan Imlek terdapat floating Platform Marina Bay Sands yang berada di River Hongbao.


Dan hal ini sudah menjadi tradisi yang terus berlanjut sejak tahun 1987. Disini selalu dilangsungkan atraksi River Hangbao Fireworks yang turut memeriahkan Perayaan perhitungan mundur Tahun Baru Imlek serta Hongbao Opening Night untuk penyambutan tahun baru yang meriah dan penuh harapan. Dan tak hanya itu saja, terdapat pula lentera raksasa yang melukiskan tentang legenda Tiongkok, 12 hewan shio, dan Dewa Kekayaan yang dibuat langsung oleh pengrajin tiongkok. Setelah lelah berkeliling dan menikmati atraksi, pengunjung juga bisamenikmati berbagai sajian food street yang lezat.


Di kawasan Marina Bay Sands, terdapat sebuah wahana yang cukup ikonik yaitu Singapore Flyer. Dimana bianglala observasi tertinggi kedua yang ada di dunia ini menjadi wisata yang banyak dipadati saat liburan Imlek. Dari atas bianglala tersebut, anda dapat menyaksikan pemandangan malam Marina Bay Sands, Merlion Park, Central Business District, Singapore River, hingga Esplanade. Tak hanya untuk Imlek saja, Marina Bay Sands juga menjadi rekomendasi liburan akhir tahun di Singapore.


3. Bugis Street


Kawasan ini selalu ramai dikunjungi saat liburan Tahun Baru China, baik warga setempat maupun wisatawan asing akan memadati tempat ini. Menjelang tahun baru Imlek, akan banyak hiasan-hiasan khas Imlek yang memenuhi tempat ini. Mulai dari Lampion, Baju Cheongsam, Angpao, hingga makanan khas China juga dapat anda temukan di tempat ini. Selain itu, setiap tahunnya menyambut tahun baru Imlek akan banyak stand-stand yang didirikan khusus untuk pengunjung yang ingin membaca peruntungan dan shio setiap tahunnya. Ditambah lagi dengan kehadiran patung besar 12 shio yang lengkap yang dapat ditonton secara gratis semakin membuat suasana perayaan Imlek meriah.


4. Thekchen Choling


Mungkin wisata gratis di Singapura ini masih sedikit asing. Meskipun begitu, tempat ini selalu direkomendasikan menjadi wisata liburan Imlek yang ramai dikunjungi setiap tahunnya. Thekchen Choling adalah salah satu tempat ibadah bagi Kaum Tionghoa yang ada di Singapura. Di tempat ini, anda dapat merayakan Imlek bersama dengan seluruh orang yang datang ke tempat ini dan mengikuti ritual dan perayaan yang diadakan. Bahkan tak hanya untuk kaum Tionghoa saja, siapapun dapat masuk, melihat, bahkan mengikuti perayaan Imlek yang berlangsung di Theckcen Choling Singapura. Namun sebelum mengikutinya, anda diwajibkan untuk mengisi formulir terlebih dahulu dan mengikuti ketentuan yang berlaku di tempat tersebut.


5. Resort World Sentosa


Jika anda mencari tempat wisata di Singapura yang cocok untuk liburan imlek bersama keluarga, maka Resort World Sentosa menjadi pilihan yang tepat. Bahkan wisata inibmenjadi salah satu wisata andalan dan terbaik yang ada di Singapura. Disini anda tak hanya bisa berwisata saja, namun juga menyaksikan langsung kemeriahan perayaan Imlek yang setiap tahunnya selalu diselenggarakan di tempat ini. Perayaan tahun baru Imlek yang berlangsung di tempat ini juga begitu unik, biasanya para karakter-karakter yang lucu akan melakukan parade mengelilingi Resort World Sentosa dan menghibur para pengunjung yang datang. Dan tentu saja, jangan lupa untuk mengunjungi semua wahana yang ada di tempat ini yang tentunya sangat menarik dan seru.


6. F1 Pit Building


Jika berbicara tentang perayaan Imlek di Singapura, maka anda tak bisa melewatkan Cingay Parade. Parade meriah tahunan ini bertaburkan kendaraan hias yang mempesona, barongsai hingga pemain jangkungan. Dan anda bisa merayakan hal tersebut di F1 Pit Building. Disini anda akan merasakan keberagaman budaya yang meriah, seperti Tinghoa, Melayu, Eurasia, dan Indian.


Pawai meriah ini telah berlangsung sejak 4 dekade silam hingga kini dan menjadi salah satu perayaan terbesar menyambut tahun baru Imlek. Awal mula digagasnya perayaan ini adalah karena larangan untuk menyalakan petasan yang selalu dilakukan setiap tahun baru sebagai simbolis untuk mengusir roh jahat, sehingga Pemerintah memberikan Cingay Parade sebagai kompensasi untuk merayakan tahun baru Imlek.


Parade Cingay merupakan sebuah pertunjukan jalanan yang dipenuhi dengan pawai kendaraan hias terbesar yang ada di Asia. Gemerlap perayaan ini membentang mulai dari F1 Pit Building hingga NS Square yang mana menjadi lokasi dari perayaan River Hangbao. Sehingga jangan sampai melewakan pagelaran tahunan meriah ini saat anda berkunjung ke Singapura saat liburan Imlek.