Beritahati.com, Jakarta - Penikmat kopi semakin meningkat dari waktu ke waktu. Khususnya, bagi anak muda, minum kopi di kedai kopi bukan sekadar kebutuhan semata, melainkan telah menjadi gaya hidup sehari-hari.

 

Beruntunglah jika Anda adalah penikmat kopi. Sebab kopi telah terbukti memiliki beragam manfaat bagi kesehatan. Berbagai studi mengungkapkan bahwa mengonsumsi kopi 250–700 mililiter sehari dapat menurunkan risiko penyakit hati, beberapa jenis kanker, dan stroke.

 

Kendati begitu, tak jarang, manfaat sehat tersebut tercemar oleh berbagai zat yang kerap menjadi campuran kopi. Alih-alih menyehatkan, memesan kopi yang tidak tepat malah dapat mendatangkan risiko penyakit, seperti obesitas, diabetes, dan kolesterol tinggi.

 

Nah, supaya minuman yang Anda pesan di kedai kopi memberikan manfaat baik, berikut tips yang perlu diperhatikan:

 

1. Kopi hitam pahit, menu paling murah dan sehat
Zat yang sering ”mencederai” manfaat baik kopi adalah gula, krimer dan sirup. Oleh karena itu, cara paling mudah dan murah untuk mendapatkan minuman menyehatkan di kedai kopi adalah dengan memesan kopi hitam pahit tanpa tambahan apa pun.

Anda bisa memesan secangkir kecil espresso shot, secangkir americano panas atau cold brew.

 

2. Selektif dalam memilih jenis susu
Jika Anda hobi mencampur kopi dengan susu, pilihlah jenis susu yang tepat. Anda wajib menghindari susu kental manis (condensed milk). Jenis campuran tersebut lebih banyak mengandung gula dibandingkan susu. Akan lebih baik jika memilih susu rendah lemak (low-fat milk) atau susu kedelai sebagai campuran kopi yang Anda konsumsi.

 

3. Gunakan ini sebagai pengganti gula dan sirup

Gula dan sirup merupakan zat yang mutlak dihindari. Sebab, keduanya sama-sama dapat menambah kandungan gula dan kalori pada kopi yang Anda konsumsi. Pemanis buatan pun tak sepenuhnya aman.

 

Maka, untuk menambah cita rasa pada kopi, sebaiknya Anda mengganti gula atau sirup dengan kayu manis bubuk, almon bubuk, atau madu murni.

 

4. Hindari whipping cream
Sebagian orang menyukai kopi yang menggunakan whipping cream. Apakah Anda juga? Jika ya, sebaiknya hentikan kebiasaan tersebut.

Sebagai informasi, 50 gram whipping cream mengandung sekitar 130 kalori dan 10 gram lemak. Jadi, bisa dibayangkan jika setumpuk cream menghiasi kopi yang Anda konsumsi, tentu kadar kalori dan lemak yang akan ikut masuk ke dalam tubuh juga akan meningkat.

 

5. Jika ingin minuman manis, perhatikan aturan ini
Ada kalanya keinginan untuk menyeruput kopi dengan cita rasa yang manis sulit dihindari. Namun, Anda harus bisa mengendalikan keinginan tersebut. Anda sebaiknya hanya memesan minuman yang manis maksimal satu bulan sekali. Dan yang lebih penting, pesanlah dalam ukuran gelas terkecil (sekitar 100 mililiter) saja.