Beritahati.com, JAKARTA - Sudah tak asing lagi, ketika berbicara tentang jenis makanan yang berbau tak sedap, jengkol pasti termasuk dalam daftar. Aromanya yang begitu khas dan dianggap tak sedap sering kali membuat orang-orang anti memakannya. Namun, bagi sebagian orang, jengkol justru merupakan makanan yang amat diminati. Hal itu tentu karena rasanya yang nikmat dan tak ada duanya. Aromanya yang tak sedap, tak lagi menjadi penghalang bagi para pencintanya.

 

Selain itu, ternyata, jengkol juga menyimpan kekayaan terpendam yang ia miliki. Kekayaan akan manfaat dan khasiat bagi kesehatan tubuh manusia yang mengkonsumsinya. Hal itu dikarenakan jengkol juga memiliki kandungan gizi yang cukup baik.

 

Salah satu kandungan gizi yang terdapat dalam jengkol adalah zat besinya. Seperti yang kita ketahui, zat besi sangat diperlukan bagi kesehatan jumlah sel darah merah di dalam tubuh kita. Karenanya, jengkol merupakan makanan yang sangat cocok bagi penderita anemia.


Ada pula kandungan protein di dalamnya. Bahkan, hasil penelitian mengatakan bahwa kandungan protein yang dimiliki jengkol ternyata jauh lebih banyak ketimbang kacang-kacangan. Sehingga jengkol sangat baik dalam membentuk jaringan tubuh.

 

Jengkol juga ternyata kaya akan kalsium dan fosfor yang sangat dibutuhkan dalam pembentukan tulang dan gigi. Dengan adanya zat tersebut, penyakit osteoporosis atau tulang keropos akan lebih mudah dihindari.

 

Sekian informasi singkat mengenai khasiat jengkol.