Beritahati.com, JAKARTA - Tokek merupakan salah satu hewan berada dalam kelompok reptil. Jika diperhatikan secara  langsung maupun tak langsung tokek memang hampir menyerupai cicak. Namun yang membedakan hewan yang satu ini adalah warnanya yang beranekaragam serta  tubuh yang cukup besar dibandingkan dengan cicak. Selain itu tokek juga dapat aktif pada malam hari layaknya cicak.

 

Tokek hanya akan memangsa dan memakan serangga-serangga kecil diantaranya nyamuk, laron dan jangkrik. Tokek lebih sering dijumpai pada malam hari di antara pepohonan, tebing, bebatuan atau mungkin juga sering sekilas menempel pada bagian belakang pintu rumah. Selain warnanya yang beranekaragam, hewan ini juga memiliki suara yang menggema.

 

Untuk saat ini, tokek menjadi buruan manusia. Karena, konon katanya hewan ini mampu mengobati berbagai macam penyakit diantaranya, asma. Selain dijadikan bahan pengobatan, ada juga yang sengaja memelihara hewan ini di area rumah.

 

Bagi para pecinta tokek, hewan ini merupakan peliharaan lucu dan eksotis yang bisa dipelihara sendiri dirumah. Maka dari itu, tak heran bahwa manusia memburu hewan ini untuk dipasarkan karena harganya mencapai ratusan juta.

 

Sehingga harganya yang familiar menjadikan hewan ini tergolong sulit untuk ditemukan disaat sekarang ini. Hanya ada di beberapa daerah saja tokek bisa ditemui, misalnya di daerah Jawa Timur. karena telah ditelusuri bahwa populasi hewan ini masih tinggi.


Sekian penjelasan tentang populasi tokek. Semoga dapat menambah pengetahuan kamu. Terimakasih.