Beritahati.com, Jakarta - Saat berencana untuk traveling ke luar negeri, hal pertama yang tidak boleh dilupakan adalah membawa paspor. Paspor adalah dokumen resmi yang dikeluarkan oleh pejabat yang berwenang dari suatu negara yang memuat identitas pemegangnya dan berlaku untuk melakukan perjalanan antar negara.


Pasalnya, ada sejumlah negara yang mewajibkan pengunjung memiliki paspor dengan masa berlaku tiga bulan sejak meninggalkan wilayahnya. Nah, sudahkah memeriksa masa berlaku paspormu?


Bahkan, pengunjung yang ingin ke Indonesia harus punya paspor dengan masa berlaku paling singkat enam bulan. Berikut fakta menarik mengenai paspor.


1. Anda bisa menyaksikan Cahaya Utara di paspor negara-negara Skandinavia


Jika Anda menempatkan paspor negara Skandinavia di bawah cahaya ultraviolet, Cahaya Utara atau Aurora Borealis akan tampak samar-samar di lembaran paspor tersebut.


2. Paspor pertama dalam sejarah ada di Alkitab


Dalam kitab Nehemiah di Alkitab disebutkan, Raja Artaxerxes I dari Persia memberikan surat jalan kepada seorang pejabat sebagai jaminan keamanan bagi pejabat itu saat bertolak melintasi kawasan Yudea.


3. Paspor baru mencantumkan foto setelah Perang Dunia I


Foto menjadi syarat pembuatan paspor setelah Perang Dunia I dimulai. Hal ini dipicu oleh insiden ketika seorang mata-mata Jerman masuk ke wilayah Inggris menggunakan paspor palsu Amerika Serikat.


4. Buat paspor baru, jika berat badan turun


Pemerintah Amerika Serikat mewajibkan pembaruan foto paspor jika pemiliknya mengalami kenaikan atau penurunan berat badan drastis, melakukan operasi wajah, atau setelah menambah/mencabut tato atau tindikan pada wajah.


5. Foto keluarga dulu boleh digunakan untuk foto paspor


Pada masa-masa awal penggunaan foto di paspor, seseorang bisa mengirimkan foto diri yang paling disukai. Bahkan, foto keluarga diperbolehkan.


6. Perbarui paspor enam bulan sebelum kedaluwarsa


Jangan main-main dengan masa berlaku paspor, pastikan sebelum membuat rencana berkunjung ke mancanegara.


Pasalnya, ada sejumlah negara yang mewajibkan pengunjung memiliki paspor dengan masa berlaku tiga bulan sejak meninggalkan wilayahnya, seperti diterapkan beberapa negara di Eropa.


Untuk amannya, perbarui paspor enam bulan sebelum kedaluwarsa. Apalagi jika seseorang hendak berkunjung ke China, Indonesia, Rusia, Arab Saudi, dan berbagai negara lainnya.


Ini hanya berlaku bagi warga salah satu dari sembilan desa pesisir di Papua Nugini.


Papua Nugini dan Australia punya kesepakatan khusus yang membuat warga dari sembilan desa ini bisa masuk ke Australia tanpa paspor. Kesepakatan tersebut dibuat sebagai bagian dari perjanjian ketika Papua Nugini memperoleh kemerdekaan.