Beritahati.com, Surabaya - Berdasarkan temuan polisi, data digital dari telepon genggam tersangka mucikari prostitusi online artis, yakni Endang Suhartini (ES), menguak fakta mengejutkan.


Melalui penelusuran data digital tersebut, polisi menemukan 15 kali transaksi artis Vanessa Angel (VA) sebagai pelayan kenikmatan dalam jaringan prostitusi online artis yang dikelola mucikari ES.


Direktur Direktorat Reserse Kriminal Khusus Polda Jawa Timur, Kombes Akhamad Yusep Gunawan menyatakan, menurut data digital, berhasil diketahui jika Vanessa Angel telah menerima transfer uang sebanyak 15 kali dalam satu tahun, terhitung sejak 1 Januari 2018 sampai 5 Desember 2018.


Dan VA ini lantas terciduk pada 5 Januari 2019 saat sedang berhubungan badan dengan pelanggannya di sebuah hotel berbintang di kawasan Surabaya. Dalam penggerebekan tersebut,


"Kita mendapati 15 kali transfer uang difasilitasi oleh ES ke VA. Data ini tentu akan terus kita kembangkan," ungkap Yusep, Kamis (10/1/2019).


Berdasarkan temuan ini, Yusep memastikan, status Vanessa Angel sebagai saksi bakal segera dinaikkan menjadi tersangka diikuti penahanan oleh pihak Polda Jatim. Pasalnya, jika pada awal belum ditahan, itu karena VA ini masih dianggap korban jaringan prostitusi.


Namun jika transaksi banyak, itu menandakan Vanessa Angel menjadikan prostitusi online ini sebagai salah satu profesi untuk mencari uang, sehingga bisa dikenakan pidana.


"Status VA akan dikonstruksikan kembali. Saat ini masih tetap saksi korban," pungkasnya.