Beritahati.com, Jakarta - Setiap harapan dan doa pasti selalu dipanjatkan agar panjang umur. Selain berdoa kepada yang maha kuasa agar diberi umur panjang, anda juga bisa berusaha dengan cara sendiri agar hidup sehat dan panjang umur.


Sebagaimana yang di lansir Reader’s Digest, ada 5 aktivitas sederhana yang bisa di terapkan untuk selalu sehat dan panjang umur.


1. Mencukupi asupan air


Cara mudah yang pertama adalah perbanyak minum air putih. Hidrasi merupakan salah satu komponen terpenting dari hidup sehat. Selain itu, banyak minum air putih juga akan meningkatkan sirkulasi darah, sehingga bisa mendorong aliran dan pembuangan racun-racun dari dalam tubuh. Hal itu pun turut menyehatkan dan mempertahankan fungsi dari organ jantung, hati, serta ginjal stres.


Khusus Anda yang juga rajin berolahraga, jangan lupa untuk selalu menghidrasi tubuh. Air dapat meningkatkan kinerja otot sekaligus membantu pemulihan otot-otot Anda.


2. Tidak malas mencuci tangan


Meski ini sangat mudah dilakukan, faktanya masih banyak orang yang abai dengan kegiatan mencuci tangan. Padahal, hanya dengan rajin mencuci tangan, Anda bisa terhindar dari berbagai macam penyakit, khususnya penyakit yang disebabkan oleh bakteri dan virus.


Lagi pula, Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) sudah merekomendasikan untuk mencuci tangan sebelum dan sesudah melakukan kegiatan tertentu, misalnya ke toilet, makan, dan mengunjungi orang sakit. Sebagai informasi tambahan, mencuci tangan dengan sabun bisa mengurangi risiko penyakit diare hingga 47 persen, lho!


3. Menjalin hubungan baik dengan teman-teman dan keluarga


Kesepian dan tidak memiliki hubungan baik dengan orang sekitar sangat bisa membuat seseorang terkena psikosomatis dan penyakit kronis lain, salah satunya penyakit jantung. Selain menjadi aset penting seumur hidup, keluarga dan teman bisa menjadi suplemen sehat alami yang membawa kebahagiaan buat Anda.


Nah, dengan rajin berkomunikasi via telepon (voice call atau video call) setidaknya 5 menit saja setiap hari dengan anggota keluarga dan sahabat yang jauh, bisa membebaskan Anda dari rasa kesepian yang menyiksa dan sekaligus meningkatkan sistem imunitas tubuh.


4. Menjaga pola makan


Meski sulit, menjaga pola makan adalah kunci utama untuk hidup sehat. Hindari diet-diet ekstrem yang memiliki risiko jangka panjang. Jika Anda ingin menurunkan berat badan, sebaiknya terapkan diet seimbang yang juga disesuaikan dengan kondisi tubuh. Tidak makan sama sekali makanan “lezat” memang sangat sulit.


Kurangi juga frekuensi menyantap makanan yang digoreng secara deep-fried, makanan yang dibakar, dan makanan cepat saji. Anda tentunya tidak mau, kan menumpuk lemak sekaligus karsinogenik (pemicu kanker) di dalam tubuh? Jangan lupa, makanlah dengan teratur dan hilangkan kalimat “tak sempat makan” dari kamus hidup Anda. Sebab, tak makan secara teratur bisa menjadi awal mula gangguan lambung yang menyiksa.


5. Menari


Salah satu olahraga yang bisa dilakukan kurang dari 10 menit ini tidak hanya membantu Anda tetap bugar, tetapi juga meningkatkan kesehatan mental. Ya, tarian adalah salah satu latihan terbaik untuk meningkatkan struktur hippocampus, yakni area otak yang memainkan peran kunci dalam memori dan pembelajaran seiring bertambahnya usia. Maka, dengan berlatih menari setiap hari, Anda akan mempertahankan kesehatan fisik sekaligus kognitif Anda.


Efeknya pun akan semakin terasa saat Anda melakukannya bersama teman-teman. Sambil menari, Anda juga bisa tertawa-tawa bersama dan itu pasti membuat Anda bahagia.


Itulah lima aktivitas berdurasi di bawah 10 menit yang bisa dilakukan untuk membuat Anda panjang umur